bjb

Strong Zumba, Alternatif Bagi Mereka Yang Tak Suka Dance

JABARNEWS | BANDUNG - Beberapa tahun belakangan ini, zumba menjadi salah satu workout yang digemari, terutama para wanita. Karena zumba dinilai sebagai olahraga yang menyenangan. Awalnya gerakan zumba banyak didominasi oleh dance, tidak heran untuk mereka yang menyukai dance, olahraga ini sangat tepat.

Zumba sendiri sebetulnya merupakan latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari perpaduan tarian salsa dan gerakan tari latin. Gerakan latihan ini juga menyisipkan koreografi senam aerobik, sehingga terkesan seperti olahraga sambil menari.

Namun sekarang ini, zumba pun mengalami perkembangan, antara lain hadirnya zumba strong. Berbeda dengan basic zumba, untuk strong ini gerakannya terbagi antara empat kuadran (Ignite – Fire Up – Push Your Limits – Floor Play) dengan empat basic moves yaitu squat, lunges, knee lift, dan plank. Waktunya kira-kira 55 menit sampai satu jam, dengan jeda sekitar 30 detik.

Dijelaskan Grandy Gideon, yang menjadi salah seorang instruktur Strong Zumba Kota Bandung, bagi mereka yang tidak begitu menyukai dance, Strong Zumba ini bisa menjadi pilihan.

"Efek yang dihasilkan dari Strong Zumba ini juga bisa dikatakan sangat maksimal. Mulai dari pembentukan otot, stamina, membentuk badan serta postur tubuh dengan pembakaran lemak yang cukup cepat," ungkapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, ketika ingin mengikuti Zumba jenis ini, disarankan untuk diperiksa kondisi tensi darah.

"Untuk mereka yang memiliki darah tinggi mungkin gerakan yang diberikan lebih berbeda dan cukup low dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki darah tinggi atau penyakit rawan lainnya," paparnya.

Jenis olahraga apapun yang dipilih, menurut Grandy, sesuaikanlah dengan kebutuhan tubuh masing-masing jangan hanya karena mau ikut-ikutan trend saja. Apalagi kalau Zumba sudah menjadi bagian dari olahraga yang digemari.

"Setiap orang memiliki stamina yang berbeda-beda, ketika akan mengikuti satu workout dan baru diikuti alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan pakarnya," saran Grandy. (Tri)

Jabarnws | Berita Jawa Barat

 
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi