Pemkab Bandung Perbaiki 231 Rutilahu di Cicalengka

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 231 rumah tidak layak huni (rutilahu) di 12 desa di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung mendapat bantuan perbaikan rumah yang digulirkan Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemerintah Kabupaten Bandung, Minggu (16/9/2018).

Perbaikan rutilahu itu menggunakan APBD melalui program Raksa Desa, Dana Desa, Alokasi Dana Perimbangan Desa dan swadaya masyarakat.

Dengan adanya program perbaikan rutilahu itu, Camat Cicalengka H. Entang Kurnia, didampingi Kepala Desa Tenjolaya Mamad, S.P., melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah permanen korban kebakaran di Kampung Cipeutag, RT 04, RW 09, Desa Tenjolaya, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung.

Baca Juga:  Waspada, Berikut Topografi Potensi Gerakan Tanah Di Wilayah Jawa Barat (1)

Di lokasi tersebut diketahui sejumlah rumah menjadi korban kebakaran hingga rata dengan tanah beberapa waktu lalu.

Entang Kurnia menambahkan, di 12 desa se-Kecamatan Cicalengka itu tercatat 856 rutilahu sisa dari perbaikan program rutilahu sebelumnya.

’’Dari 856 rutilahu itu, sebanyak 231 rutilahu mendapatkan bantuan untuk perbaikan pada 2018 ini. Diharapkan sisanya 2019 bisa segera diperbaiki,” kata Entang kepada galamedianews.com di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan rumah korban kebakaran di Kampung Cipeutag.

Baca Juga:  IKWI Kota Bandung Ikut Tutorial Cara Tetap Tampil Glowing Saat Pandemi

Entang mengungkapkan, pembangunan rumah baru korban kebakaran ini merupakan bagian dari program raksa desa. Salah satunya memperbaiki rutilahu yang dicanangkan Bupati Bandung Dadang M. Naser.

Entang mengatakan, tidak semua rutilahu di 12 desa se-Kecamatan Cicalengka dibangun. Rutilahu yang mendapat bantuan itu, kepemilikan tanahnya harus milik sendiri.

’’Program perbaikan rutilahu ini tak bisa dibangun atau dilaksanakan di lahan orang lain atau milik pemerintah karena untuk menghindari kekhawatiran ada gugatan,” kata Entang.

Camat menuturkan, Desa Tenjolaya adalah yang paling banyak mendapatkan bantuan rutilahu mencapai 71 unit dari 231 unit di Kecamatan Cicalengka. Program rutilahu ini sudah dilaksanakan sejak 2010, sedangkan melalui program raksa desa sejak 2015 silam.

Baca Juga:  Kartini Now, Tempatkan Diri Sesuai Kemampuannya

’’Kami berharap rutilahu yang diperbaiki itu menjadi rumah layak huni dengan dilengkapi fentilasi yang bagus untuk masuk oksigen dan penerangannya sangat cukup. Tidak boleh ada rumah berlantai tanah dan harus diplester. Air harus layak minum dan tidak boleh terkontaminasi limbah,” katanya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat