Pemdes Bongas Sentil Warga Yang Bakar Sampah

JABARNEWS | INDRAMAYU - Perilaku buruk masyarakat membakar dan membuang sampah sembarangan masih saja terjadi. Al hasil pemerintah Desa Bongas, Kecamatan Bongas menertibkan warga yang kerap membuang sampah sembarangan dan membakar sampah di sembarang tempat.
"Sosialisasi, himbauan sekaligus mengedukasi sering dilakukan, tinggal mempertegas saja dengan cara langsung ditertibkan," jelas Kuwu Desa Bongas, Kadir disela penertiban bersamaan dengan gerakan aksi bersih-bersih lingkungan, Jumat (14/9/2018).
Dikutip radarcirebon.com, tempat-tempat yang menjadi sasaran adalah area pekarangan di pinggir jalan. Mayoritas sampah berupa limbah rumah tangga dan bekas kayu yang dibiarkan menumpuk.
Di beberapa titik lainnya, ada juga tumpukan sampah yang masih terbakar. Jajaran Pemdes langsung melakukan pemadaman serta mengimbau warga untuk tidak mengulangi perilaku yang bisa menyebabkan bahaya kebakaran itu.
"Dampak buruk sampah ini tidak hanya bikin kotor lingkungan, tapi bisa menjadi biang penyebab musibah kebakaran. Terutama di musim kemarau saat ini, kita terus mengimbau agar tidak sembarangan membakar sampah," tegas dia.
Sementara itu, Kuwu Kadir meminta Pemkab Indramayu menyediakan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di setiap wilayah Kecamatan. Keberadaan TPA menjadi jalan terakhir dari strategi Pemdes Bongas dan desa-desa lainnya dalam melakukan pengendalian sampah.
Dia melihat, masyarakat sudah memiliki keinginan dan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarang. Pemdes Bongas sendiri menjadwalkan secara rutin aksi bersih-bersih dan menyiapkan secara khusus armada sampah. (Vie)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait