Tips Cerdas Menjaga Kehamilan, Ibu Hamil Wajib Baca

JABARNEWS | BANDUNG – Kita ketahui bahwa kehamilan merupakan suatu anugerah terindah-Nya yang diberikan kita kaum hawa. Meskipun demikian, tak sedikit kaum hawa yang merasa khawatir dengan kondisi kehamilannya kelak.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kekhawatiran, di mulai dari takut akan keguguran, takut akan melahirkan nanti, khawatir akan masa depan si kecil dan masih banyak hal lainnya.

Kekhawatiran tersbut memang wajar dan banyak menyelimuti kaum hawa yang masih diliputi keraguan mengenai kehamilan. Oleh karena itu, berikut di bawah ini adalah 10 cara menjaga kehamilan dengan cerdas, di antaranya:

  1. Cerdas Merencanakan Kehamilan

    Rencanakan kehamilan pada waktu dan usia yang tepat adalah dengan menghindari 4T, yaitu terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering dan terlalu banyak.
  2. Periksa/kontrol Kehamilan

    Segera periksakan diri ke bidan atau dokter jika terlambat datang bulan. Memeriksakan kehamilan paling sedikit 4x selama kehamilan, pertama saat ibu mulai mengetahui kehamilan hingga 3 bulan pertama (trimester 1), kedua pada saat usia kehamilan 4-6 bulan (trimester 2), lalu ketiga dan keempat pada saat usia kehamilan 7-9 bulan (trimester 3).
  3. Gizi Seimbang

    Asupan nutrisi harus diperhatikan. Makan dengan gizi seimbang (karbohidrat, protein, vitamin dan mineral) dan beraneka ragam makanan dan 1 porsi lebih banyak dari sebelum hamil. Jika mulai merasa mual, muntah dan tidak nafsu makan, maka pilihlah makanan yang tidak berlemak dalam porsi kecil namun sering.
  4. Istirahat Cukup

    Ibu hamil sangat disarankan untuk dapat beristirahat dengan cukup. Tidur malam 6-7 jam dan siang tidur/berbaring 1-2 jam.
  5. Jaga Kebersihan

    Kebersihan harus selalu dijaga pada masa kehamilan dan dianjurkan sedikitnya 2x sehari selama hamil dimulai dari kebersihan rambut, gigi dan mulut, payudara ( persiapan menyusui) kebersihan daerah kewanitaan dan kebersihan pakaian
  6. Ikuti Kelas Ibu Hamil

    Untuk mempersiapkan kelahiran bayi, ikuti kelas ibu hamil (usahakan didampingi suami) untuk menambah pengetahuan ibu tentang perawatan kehamilan. Dengan begitu akan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama kehamilan dan proses persalinan berlangsung.
  7. Cerdas Menghadapi Komplikasi

    Ibu hamil sebaiknya memperhatikan setiap tanda bahaya pada kehamilan diantaranya yaitu muntah terus menerus dan tidak mau makan, demam tinggi, bengkak kaki tangan dan wajah atau sakit kepala disertai kejang, pergerakan janin berkurang dibandingkan sebelumnya, perdarahan, air ketuban keluar sebelum waktunya. Apabila mengalami tanda bahaya tersebut, maka segera minta pertolongan bidan atau dokter terdekat
  8. Mempersiapkan Kelahiran

    Ibu didampingi suami perlu bertanya kepada bidan/dokter tanggal perkiraan persalinan, agar ibu dapat mempersiapkan mental dan fisik.
  9. Persiapan Menyusui

    Persiapan psikologi Persiapan ini merupakan langkah awal yang penting bagi ibu . Sebab sikap positif ibu untuk memberikan asi harus sudah ada sejak kehamilan

    Perhatikan nutrisi selama kehamilan

    Ibu sehat bugar serta mutu asibpun baik harus ditunjang dengan asupan nutrisi selama hamil
  10. Persiapan Alat Kontrasepsi

    Ibu hamil dan suami mulai mencari dan memilih kontrasepsi yang sesuai untuk digunakan setelah kelahiran.

Nah itulah tadi 10 cara menjaga kehamilan dengan cerdas. Semoga informasi di atas dapat berguna dan juga bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Kesmas-id

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Tiga Jenis Makanan Hamster Selain Biji Bunga Matahari, Salah Satunya Jerami Kering