Aher: Pemanfaatan Alam Harus Secara Proporsional Tanpa Merusaknya

JABAR NEWS | BANDUNG – Connecting People To Nature menjadi tema yang diangkat dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini.

Seperti diketahui, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Juni. Untuk Provinsi Jawa Barat tahun ini puncak kegiatan tersebut dilaksanakan kemarin, 17 Juli 2017.

Tema yang diangkat merupakan semangat untuk menggerakan masyarakat mencintai lingkungan. Karena seluruh pasokan hidup manusia itu berasal dari alam.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Cabut Pergub 54/201 Tentang Upah Buruh

“Alam itu harus dilestarikan dan harus dipelihara. Alam harus dimanfaatkan secara proporsional tanpa merusak alam itu sendiri,” ujar Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan ( Aher) usai menghadiri acara Hari Lingkunga Hidup Sedunia di Gedung Sate, Bandung, Senin (17/07/2017).

Aher mengatakan manusia harus bisa bersatu dengan alam, mencintai lingkungan sehingga alam tetap lestari dan kebutuhan sandang, pangan dan papan manusia terpenuhi.

Baca Juga:  Jabar Kekeringan, Emil Imbau Warga Berhemat Air Semaksimal Mungkin

“Seluruh pasokan sandang, pangan dan papan hidup kita berasal dari alam. Kalau alam rusak kita mungkin tidak akan bisa mendapatkan kebutuhan tersebut,” kata Aher.

Aher mengungkapkan banyaknya pandangan masyarakat yang salah tentang mengelola hasil alam. Kecenderungan tersebut yaitu hanya mementingkan hasil yang diperoleh dari pada dampak yang di timbulkan.

Baca Juga:  KPBU, Solusi Terkini Pengadaan PJU Kota Bandung

“Makanya salah besar kalau ada pandangan tidak apa merusak alam yang penting ekonomi maju ini salah besar, yang benar itu adalah mari kita majukan perekonomian tanpa merusak alam,” tegas Aher.

Sebagai penutup Aher menambahkan setiap manusia mempunyai kewajiban untuk melestarikan alam semesta sehingga masyarakat sejahtera dan alam tetap lestari. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat