Hujan Sih Tapi Sejumlah Titik di Kab. Tasik Masih Butuh Air Bersih

JABARNEWS | KAB. TASIKMALAYA – Meski hujan sudah mulai turun, BPBD Kabupaten Tasikmalaya masih terus melakukan upaya pendistribusian air bersih ke wilayah yang sudah mulai mengalami kekeringan akibat musim kemarau. Tapi, BPBD masih terkendala sumber air bersih.

’’Iya betul, meski hujan sudah mulai turun, tapi kita masih terus berupaya mengirim air bersih ke sejumlah titik di Kabupaten Tasikmalaya ini,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya H Ria Supriatna, saat dihubungi Jabarnews, Rabu (19/09/2018).

Baca Juga:  BKN: Pelamar CPNS Jangan Daftar Pakai Smartphone

Misalnya, kata dia, seperti beberapa waktu lalu pihaknya baru kirim bantuan air bersih. ’’Itu di daerah Selatan Kabupaten Tasikmalaya,” terangnya.

Namun, kata Ria, terkendala akan mata air bersih yang didistribusikan kepada warga diambil dari sumber air milik PDAM yang berada di Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga:  Kabupaten Bekasi Catat Pasien Sembuh Covid-19 Capai 91 Persen

’’Itu jaraknya sangat jauh, dan tidak akan mudah memberikan bantuan air bersih dengan cepat ke setiap pelosok di Kabupaten Tasikmalaya ini,” paparnaya.

’’Misalkan untuk mendistribusikan ke wilayah selatan itu butuh waktu berjam-jam. Ini salah satu kesulitan kami dalam membantu warga akan kebutuhan air bersih,’’’ kata Ria.

Baca Juga:  Simak! Begini Update Perkembangan Covid-19 di Purwakarta

Hingga saat ini, BPBD terus berupaya mencari sumber air selain milik PDAM di Kecamatan Cisayong. Pihaknya berharap kepada muspika dan relawan di lapangan untuk terus mencari sumber air yang bisa dimanfaatkan.

’’Kami terpaksa tidak bisa melakukan pengiriman secara kontinu, karena luas wilayah yang terdampak dan minimnya sumber air,’’ tandasnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat