Kadis DPMPD Sebut BumDes Di Cianjur Terkendala SDM

JABARNEWS I CIANJUR – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Cianjur Tedi Artiawan menilai Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Cianjur masih terkendala oleh Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kendala Bumdes saat ini adalah SDM dan pemasaran produk, setelah Bumdes berhasil membuat satu produk mereka bingung harus disalurkan kemana produk tersebut,” kata Tedi, Selasa (18/07/2017)

Baca Juga:  Satgas Saber Pungli Purwakarta Amankan Dua Terduga Pelaku Oknum Parkir Liar

Oleh karenanya, lanjut Tedi, Bumdes membutuhkan orang-orang profesional dibidang ekonomi yang mampu mengelola usaha dengan baik.

Tedi mengaku pihaknya kerap melakukan evaluasi dan bimtek bagi pengurus Bumdes supaya mereka paham bagaimana mengatur usaha dengan baik.

Baca Juga:  Lewat A. Hassan Scholarship Center, LAZ Persis Targetkan Lahirkan 100 Doktor

“Saat ini ada beberapa Desa yang sudah mulai miliki progres. Salah satunya Sukanagalih. Unit usahanya mulai penjualan produk, token listrik hingga wisata,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Cijedil Kecamatan Cugenang Halimah membenarkan pengembangan Bumdes masih terkendala oleh SDM.

Baca Juga:  Yana: Virus Cenderung Bermutasi, Warga Diharapkan Tetap Jaga Prokes 

Jika melihat potensi di desa cukup banyak jenis usaha yang bisa di kembangkan. Baik itu sawah, kerajinan tangan asli masyarakat, konveksi dan potensi lainnya.

“Intinya untuk pengelolaan Bumdes kita masih membutuhkan bimbingan,” ungkapnya. (Wan)

Jabar News I Berita Jawa Barat