Situasi Terkini Kondisi Jalan Longsor di Garut Pasca Diguyur Hujan Deras

JABARNEWS | GARUT - Inillah kondisi jalan di Kp. Cineruk, Desa. Singajaya, Kabupaten Garut saat warga tengah membersihkan gundukan tanah akibat hujan deras yang mengguyur Garut sepanjang Kamis (20/09/2018) tadi malam, yang memporak porandakan jalan tersebut, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan kerugian materil akibat longsor belum dapat dilaporkan..
Jalan tersebut merupakan pengubung tiga Kecamatan di Garut Selatan. Yaitu Kecamatan. Banjarwangi, Kecamatan Singajaya, dan juga Kecamatan Pendeuy. Kini akses jalur dipaksakan dengan bantuan warga setempat hanya untuk roda dua saja, karena belum memungkinkan untuk kendaraan roda empat.
Respon dan reaksi cepat ditunjukkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Garut. Kabid PUPR Kabupaten Garut Dangsani mengatakan, pihaknya menurunkan alat berat di lokasi longsor untuk membuang material longsor yang diperkirakan berjarak 50 meter dengan ketinggian 5 meter.
’’Saat ini kami masih melakukan evakuasi dengan menurunkan alat-alat berat di lokasi longsor,’’ kata Dangsani, Jumat (21/09/18) siang.
Camat Singajaya, Herri Dj mengapresiasi penaganan cepat yang dilakukan pihak PUPR. Selain itu ia juga menyampaikan ucapkan terimakasih pada seluruh masyarakat yang sudah terlebih dahulu berusaha membersihkan gundukkan tanah akibat longsor.
Menurutnya, daerah akses jalan itu memang rawan bencana longsor. Memang sulit dengan kondisi alam di lokasi. Untuk menuju Kecamatan Singajaya atau Peundeuy, memang tidak ada jalan lain, selain ke daerah tersebut.
Adanya perubahan jalur, sementara ini memang tak ada pilihan jalan lain. Selama pembersihan puing-puing longsor yang menutupi jalan itu. (Tgr)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait