bjb

Muhamad Ikbal Dewantara: Purwakarta Harus Kembangkan Sistem Informasi

Kepada Yth. Bupati Purwakarta periode 2018-2023 Ibu Anne Ratna Mustika
Assalamualaikum Wr. Wb.

Perkenalkan, nama saya Muhamad Ikbal Dewantara, saya seorang pelajar di Kabupaten Purwakarta, tepatnya siswa SMA Negeri 1 Purwakarta. Disini saya bermaksud untuk menyampaikan aspirasi saya kepada Ibu Bupati untuk Purwakarta Istimewa yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih terlebih dahulu untuk Kang Dedi Mulyadi sebagai Bupati Purwakarta yang telah memimpin wilayah ini selama 10 tahun dari tahun 2008 hingga tahun 2018, yang tak lain adalah suami dari Ibu Anne Ratna Mustika yang sekarang merupakan bupati Kabupaten Purwakarta terpilih periode 2018-2023.

Sangat besar jasa Kang Dedi dalam membangun dan mengembangkan Kabupaten Purwakarta di berbagai bidang, baik itu di bidang infrastruktur, pariwisata, ekonomi, budaya, dan di berbagai bidang lain yang semuanya membentuk brand image Kabupaten Purwakarta sebagai kota pariwisata yang bertemakan Budaya Sunda dalam konsep “Purwakarta Istimewa”. Saya sangat takjub melihat kondisi Purwakarta saat ini yang mengalami perubahan pesat dan memiliki ciri khas dan identitas tersendiri. Yang sebelumnya jarang terdengar oleh daerah lain, hingga menjadi seperti sekarang yang mulai dikenal, diperhatikan, dan bahkan menjadi contoh bagi kota/kabupaten lain.

Disamping itu, memang masih terdapat pekerjaan yang harus diselesaikan dan terus ditingkatkan oleh Ibu Anne sebagai Bupati Purwakarta saat ini. Saya sebagai seorang pelajar tentunya akan memberikan saran dari sudut pandang saya sebagai siswa, dan juga memberikan masukan dari apa yang saya lihat dan rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Yang pertama, saya ingin menyampaikan masukan saya untuk bidang transportasi. Dengan semakin dikenalnya Kabupaten Purwakarta oleh daerah-daerah lain, pastinya akan terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang melintasi kota ini terutama di hari-hari libur, sehingga sering kali menyebabkan kemacetan di berbagai lokasi. Untuk itu, saran saya untuk peningkatan kualitas di bidang transportasi adalah merapihkan beberapa fasilitas publik yang ramai dan berpotensi sebagai penyebab kemacetan, seperti pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan jalur perlintasan kereta yang sebidang dengan jalan raya.

Yang kedua, Kabupaten Purwakarta memiliki potensi yang sangat besar di bidang pertanian. Untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas hasil pertanian, diperlukan penggabungan dan kombinasi antara pertanian dan teknologi. Pemerintah Kabupaten Purwakarta dapat mensosialisasikan, memberikan pelatihan, dan memfasilitasi petani di berbagai daerah di Purwakarta untuk menggunakan teknologi sebagai penunjang dalam aktivitas pertanian agar mencapai hasil yang lebih maksimal. Selain itu, penggunaan teknologi juga akan menjadikan Kabupaten Purwakarta lebih maju lagi, dan pastinya akan membuat masyarakat Purwakarta lebih tertarik untuk berwirausaha di bidang pertanian.

Yang ketiga, saya perhatikan masih ada beberapa lokasi di Purwakarta yang kurang nyaman untuk dilihat terutama pasar-pasar tradisional, masih ada pasar tradisional yang kurang rapih penataannya. Saya ingin menyampaikan masukan saya untuk merenovasi pasar tradisional menjadi lebih rapih dan tertata, baik pasarnya itu sendiri maupun penunjangnya seperti tempat parkir. Ini juga dapat menunjang dua masukan sebelumnya mengenai transpotrasi dan pertanian, yaitu agar arus lalu lintas di sekitar pasar menjadi lebih lancar dan hasil pertanian dapat dipasarkan dengan baik.

Yang keempat, menurut saya anak muda di Purwakarta memerlukan wadah untuk berkarya dan mengembangkan kreatifitas. Karena dengan adanya anak muda yang kreatif, maka akan banyak menghasilkan ide-ide dan kreasi yang bisa diwujudkan sehingga membuat Kabupaten Purwakarta menjadi lebih berwarna dan juga ide-ide yang dihasilkan dapat mengembangkan sektor ekonomi kreatif. Selain itu, hal ini juga dapat membuat anak muda terhindar dari kegiatan-kegiatan yang negatif dan kurang bermanfaat.

Yang kelima, dalam menghadapi era Industri 4.0 saat ini, Purwakarta harus terus mengembangkan sistem informasi yang saat ini sudah ada. Dimana pengaduan dan layanan masyarakat sudah terintegrasi dalam suatu sistem online baik itu berbasis aplikasi maupun website sehingga dapat lebih cepat direspon dan ditindaklanjuti.

Demikian masukan yang dapat saya berikan. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan Ibu Anne Ratna Mustika untuk membangun dan mengembangkan Kabupaten Purwakarta yang lebih baik dan Purwakarta yang lebih istimewa lagi untuk kedepannya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Warga tercinta,
Muhamad Ikbal Dewantara
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi