Bupati Anne Segera Bangun Bioskop Terapung Di Kawasan Wisata Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA- Pemerintah Kabupaten Purwakarta segera siapkan dua lokasi untuk pembangunan bioskop. Salah satunya bahkan direncanakan akan menjadi gedung bioskop terapung pertama di Indonesia.

“Ada lokasi yang pas bagi pembangunan bioskop ini. Lokasinya berada di area wisata Cikao Park Jatiluhur. Hal ini karena masih banyak lahan kosong di lokasi tersebut,” kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, kepada awak media, Minggu (23/9).

Menurut Anne, bangunan bioskop terapung ini tidaklah seribet yang dibayangkan. Hanya saja dibangun di atas area kolam buatan yang dipersiapkan sebelumnya. Namun tentunya dengan fondasi pilihan yang bisa kuat menahan beban.

“Di sekitarnya pun saya ingin ada air mancur, semisal yang berada di Bale Pasanggrahan Purwakarta. Jadi sambil menunggu waktu pemutaran film, pengunjung bisa pula untuk refreshing dan berfoto di lokasi,” ucap Anne.

Baca Juga:  Sudah Lama Terbengkalai, Dedi Mulyadi LHK Bahas Revisi UU 5 Tahun 1990

Meski demikian tentunya hal ini pun lanjut Anne harus ditunjang dengan tanpa menghilangkan unsur kearifan lokal.

“Seperti yang saya ungkap sebelumnya, tatanan arsitekturnya harus memiliki unsur-unsur Kesundaan. Tetapi tetap harus juga ada unsur kekinian yang millenial,” ucapnya.

Bioskop terapung ini pun lanjut Anne diharapkan bisa juga menghadirkan teknologi 4D. Hal ini karena masyarakat Purwakarta pun ingin sensasi yang berbeda saat menonton. “Yah tidak usah semua teater lah punya teknologi ini. Tapi ada lah satu dua teater yang ada 4D nya,” ucapnya.

Kuliner Sunda di Bioskop

Meski sebagian bioskop besar menjual makanan yang sudah ditentukan sebelumnya. Namun Anne berharap ada makanan khas Purwakarta juga yang disajikan. “Ini sih cuma harapan yah, tetapi asyik juga kan kita nonton bioskop sambil menikmati sate maranggi atau kecimpring kaum,” ujarnya.

Baca Juga:  Imunisasi Polio di Jabar Capai 3,2 Juta Anak, Kota Depok Paling Rendah

Tempat lain yang diharapkan bisa memiliki bioskop lanjut Anne ada di kawasan Sadang. Karena selama ini memang lokasi tersebut adalah lokasi yang padat pengunjung. Apalagi wilayah tersebut merupakan perlintasan menuju Karawang dan Bekasi.

“Kalau yang di Sadang, selain bioskop, juga akan dikembangkan pusat-pusat perbelanjaan baru. Namun barang yang dijual melibatkan barang-barang UMKM-UMKM yang dihasilkan masyarakat Purwakarta,” ujarnya.

Selain itu lanjut Anne untuk langkah awal adalah penataan kembali daerah Sadang ini. Hal ini karena daerah Sadang ini sudah terlihat semrawut, apalagi ada sedikit kesan kumuh jika melewati daerah ini. “Masih banyak debu-debu akibat polusi kendaraan dan bangunan yang kurang tertata,” ucap Anne.

Terpisah Direktur Cikao Park, Afrizal membenarkan akan dibangunnya bioskop ini. Menurut dia, manajemen Cikao Park telah berkomunikasi secara intensif dengan pihak Pemda Purwakarta.

Baca Juga:  Ajang Balapan Jalanan Resmi di Bekasi Ditunda, Polisi: Menunggu Waktu Tepat

“Lokasi pembangunannya sih sudah ditentukan yaitu di sekitar daerah di Cikao Park di sekitar panggung. Namun untuk desain secara umum masih terus dikomunikasikan dengan pihak Pemda bagaimana baiknya. Hanya saja sudah dipastikan beberapa bulan ke depan, sudah ada bioskop di lokasi ini,” ujar Afrizal.

Pembangunan bioskop ini pun lanjut Afrizal dapat semakin menaikkan kunjungan ke wilayah yang jadi ikon baru Purwakarta tersebut. Terlebih dengan dibangunnya bioskop akan meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan akan banyak masyarakat sekitar yang dilibatkan nantinya. Baik saat pembangunan ataupun pasca pembangunan, semisal dengan bekerja di Cikao Park,” ucapnya. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa Barat