bjb

Inilah Beberapa Dampak Dari Gempa Berkekuatan 7,4 SR di Donggala

JABARNEWS | BANDUNG - Inilah video amatir yang direkam oleh warga sekitar yang berada di atas gedung, memperlihatkan detik-detik terjadinya tsunami di pesisir Palu imbas dari gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,4 SR terjadi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pukul 17.02 WIB atau 18.02 WITA.

Berikut ini penyebab gempa besar tersebut.

"Gempa di Donggala akibat patahan Palu-Koro yang bergeser, segmennya mengalami aktivasi, patahannya memanjang," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, di kantor BMKG Yogyakarta, Jumat (28/9/2018).

Gempa tergolong dangkal dengan kedalaman 11 km dan patahan terjadi di kawasan kota/kabupaten Donggala sehingga guncangannya kuat dirasakan manusia dan berdampak ke bangunan.

Dwikorita menyebut skala guncangan yang dirasakan di sejumlah titik di Sulawesi hingga Kalimantan itu antara 2-7 MMI.

"Gempa ini menurut analisis kami merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivasi sesar geser Palu-Koro. Terjadi pergerakan dari struktur batuan dengan mekanisme sesar mendatar," jelasnya.

Gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Donggala, Sulteng tersebut, meluluhlantakkan sejumlah bangunan. Salah satunya Jembatan Kuning Ponulele, yang menjadi ikon Kota Palu.

Berdasarkan foto dan video dari Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kondisi jembatan hancur. Jembatan terkena terjangan tsunami yang dahsyat.

"Kondisi Jembatan Ponulele di Kota Palu yang hancur akibat gempa 7,7 SR. Jembatan ini sebelumnya sebagai icon Kota Palu. Kondisinya hancur. Pascagempa tsunami menerjang pantai sekitarnya. Permukiman di bawah hancur dan terbawa tsunami," tulis Sutopo di Twitter, pada Sabtu (29/9/2018).

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi