Jokowi Akan Pimpin Apel Besar Gempa Dan Tsunami Palu

JABARNEWS | JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Kota Palu, Sulawesi Tengah untuk melihat langsung penanganan gempa dan tsunami Palu. “Rencananya Pak Presiden melakukan kunjungan di Palu hari ini, kami belum tahu persis pukul berapa tibanya di sini,” kata Humas dan Antarmedia Basarnas Pusat, Yusuf, di Kantor Basarnas Sulawesi Tengah, Ahad, 30 September 2018.

Baca Juga:  Rotasi Antar-Daerah Atau Povinsi Ancam Pelanggar PPDB

Yusuf mengatakan, Jokowi akan memimpin apel besar penanganan evakuasi korban gempa dan tsunami Palu di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Kantor Gubernur menjadi pusat komando Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Tengah. Menurut dia, rencana kedatangan Jokowi ke Palu dikoordinir oleh Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN).

Menurut Yusuf, beberapa pejabat telah tiba ke Palu seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM, Wiranto; Panglima TNI Marsekal Hadi Thahjanto; Kepala Basarnas Pusat Marsda M. Syaugi.

Baca Juga:  Dampak Covid-19, Industri Pers Dipastikan Dapat Insentif Pajak

Sebelumnya, gempa berkekuatan 7,7 skala Richter (SR) yang kemudian dimutakhirkan menjadi 7,4 RS mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pada pukul 17.02. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berada di 0.18 Lintang Selatan dan 119.85 Bujur Timur atau 27 kilometer timur laut Donggala.

Baca Juga:  Aksi Buruh Blokir Jalan di Rancaekek, Warga Diminta Cari Jalan Alternatif

Hingga Sabtu malam, 29 September 2018, BNPB mencatat sudah ada 420 korban meninggal akibat gempa dan tsunami Palu. Selain itu, 500 orang diperkirakan luka-luka akibat gempa dan tsunami ini. Terdapat banyak bangunan seperti rumah, kantor, dan fasilitas umum rusak. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa Barat