Ternyata Fakta Inilah Yang Membuat Pria Lebih Mudah Turunkan Berat Badan

JABARNEWS | BANDUNG - Tak sedikit yang beranggapan bahwa pria lebih mudah dalam menurunkan berat badan ketimbang wanita. Anggapan terseubt ternyata bukan sekadar mitos belaka karena sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Diabetes, Obesity, and Metabolism baru-baru ini berhasil membuktikannya.

Para ahli meneliti lebih dari 2.000 orang dewasa asal Eropa, Australia, dan Selandia Baru yang mengalami kelebihan berat badan dan pradiabetes. Para peserta diminta untuk menjalani diet 800 kalori yang terdiri dari sup dan sereal selama 8 minggu. Selain itu, mereka juga diminta untuk memakan 375 gram sayuran rendah kalori yang terdiri dari tomat, timun, dan selada.



Setelah delapan minggu berlalu, sebanyak 35 persen pria dan wanita melaporkan bahwa kadar glukosa darah mereka sekarang cenderung normal dan tidak lagi memiliki pradiabetes. Pradiabetes itu sendiri adalah kondisi saat kadar gula darah sudah mulai di atas normal, tapi belum sampai diabetes.

Menariknya lagi, para ahli juga menemukan bahwa peserta pria mengalami penurunan berat badan rata-rata 11,8 kilogram. Sementara pada peserta wanita, mereka mengalami penurunan berat badan sekitar 10,2 kilogram.

Terlihat jelas bahwa dengan pola makan dan waktu diet yang sama, pria berhasil menurunkan berat badan lebih cepat ketimbang wanita. Hal ini pun turut disetujui oleh dr. Elizabeth Lowden, spesialis endokrinologi bariatrik dari Northwestern Medicine’s Metabolic Health and Surgical Weight Loss Center di Delnor Hospital, Amerika Serikat.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi