bjb

Awas, Wabah Filariasis Ancam Masyarakat Jatiluhur

JABARNEWS | PURWAKARTA - Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta terus memerangi pencegahan penyakit filariasis atau kaki gajah. Pencegahan tersebut dilakukan Camat Jatiluhur bersama unsur UPTD Puskesmas dengan menggelar Pencanangan Pemberian Obat Pencegahan Penyakit Filariasis di Lapangan Samping Kantor Desa Cikaobandung, Kecamatan Jatiluhur, Senin (8/10/2018).

"Untuk pencegahan penyebaran penyakit filariasis, hari ini kami seluruh unsur berkumpul melaksanakan Pencanangan Pemberian Obat Pencegahan Penyakit yang lebih dikenal dengan nama Kaki Gajah tersebut," kata Camat Jatiluhur, H Asep Supriatna.

Menurutnya, sekilas nama Filariasis memang terdengar keren, namun faktanya filariasis merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya. Penyakit yang lebih dikenal dengan istilah kaki gajah atau elefantiasis itu dapat menyerang hewan maupun manusia.

"Mudah-mudahan dengan ini, seluruh komponen yang terlibat dapat seirama, sehingga target pemberian obat dapat tercapai. Diharapkan seluruh masyarakat terbebas dari Penyakit Kaki Gajah," paparnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Jatiluhur, Eka Mulyani mengatakan, pelaksanaan pencanangan pemberian obat pencegahan penyakit kaki gajah tersebut merupakan tahap keempat dari lima tahapan yang rencananya dilaksanakan pada Oktober 2019 mendatang.

"Pelaksanaan pencegahan ini kami lakukan sesuai dengan saran pemerintah. Dan jumlah sasaran di Kecamatan Jatilihur mencapai di angka 77.037 jiwa," ujarnya.

Untuk target usia, lanjut Eka, pemberian obat pencegahan kaki gajah itu sendiri akan diberikan kepada masyrakat yang berusia mulai dari 2 hingga 70 tahun. "Yang terpenting masyarakat harus mau meminum obat pencegahan kaki gajah yang kami berikan ini," ujarnya.

Untuk mencegah penularan serta terjangkit penyakit kaki gajah tersebut, sambung dia, masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya, menutup, menguras, dan mengubur (3M) setiap lokasi yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

"3M merupakan salah satu tindakan mandiri dalam mencegah munculnya virus filariasis atau penyebab terjangkitnya penyakit kaki gajah. Sebab, kaki gajah dapat ditularkan segala macam jenis nyamuk," pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi