bjb

Joko Trio Suroso: Pentingnya Kerukunan Umat Beragama

Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan bertemu dengan tokoh dan pengurus FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Karawang. Mereka bercerita banyak tentang betapa pentingnya kerukunan antarumat beragama dan FKUB Karawang sangat aktif.
FKUB merupakan sarana komunikasi antarumat beragama seperti umat Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghuchu, dan lainnya. Yang diwakili oleh perwakilan dari agama-agama yang biasanya berasal dari ormas agama. Aktivitasnya selain berhimpun untuk merajut kebersamaan dan persatuan kebangsaan, juga diisi dengan seminar dan bakti sosial di masyarakat.
Saya kira FKUB ini sangat penting untuk terus merawat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di antara gagasan yang diusung dalam FKUB adalah toleransi dan pluralisme agama. Yakni hormat menghormati, rasa kebangsaan, saling bantu dan menolong di antara sesama umat beragama dan warga Indonesia. Apalagi kondisi Indonesia saat ini yang rawan tumbuhnya konflik keagamaan dan sikap anti kebangsaan, maka melalui FKUB bisa diredam sehingga tidak ada gejolak dan konflik di masyarakat yang dapat merusak persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia.
FKUB harus terus bergerak untuk toleransi dan menciptakan kerjsama antarumat beragama. Jangan lelah untuk merajut persaudaraan dan persatuan. Negeri ini milik semua umat beragama dan milik masyarakat Indonesia. ***
Dr.H.JOKO TRIO SUROSO, Drs, SH, MH, MM, MBA. adalah Caleg DPRD Jabar Dapil Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta
Tags :
properti

berita terkait