bjb

Pemkab Bandung Bisa Dapat Untung Dari Produksi Panas Bumi

JABARNEWS | KAB. BANDUNG - Ada keinginan besar dari para tokoh masyarakat kepada Pemkab Bandung. Salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Bandung, Asep Gunawan Prawira mendorong Pemkab agar memiliki saham panas bumi atau geothermal yang menghasilkan energi listrik di wilayahnya sendiri.
"Ya, minimal Pemkab bisa punya saham antara 5-10 persen dari produksi panas bumi yang ada di Kabupaten Bandung," harap Asep, Senin (15/10/2018).
Menurut Asep, dengan memiliki saham sebesar itu, Pemkab Bandung akan mendapatkan keuntungan cukup besar. Yakni, mencapai triliunan rupiah dari produksi panas bumi. "Keuntungan yang didapat Pemkab Bandung itu, dari modal awal kepemilikan sumber daya alam sebagai daerah penghasil panas bumi," kata Asep.
Menurut Asep, jika pemerintah mendapatkan keuntungan optimal dari panas bumi itu, sangat menguntungkan bagi masyarakat Kabupaten Bandung. Pasalnya, dapat meningkatkan pembangunan, khususnya pada bidang infrastruktur, ekonomi maupun hal lainnya.
"Kami berharap kepada Pemkab bisa memerjuangkan hal itu kepada pihak pengelola panas bumi atau pemerintahan pusat, yang memiliki kebijakan berkaitan dengan pengaturan kepemilikan saham panas bumi," katanya.
Ia menambahkan, dengan memiliki saham dari panas bumi sebagai daerah penghasil panas bumi tersebut, sebenarnya sudah lama disuarakan.
"Tapi bagaimana perkembangannya sampai saat ini, belum diketahui pasti. Kami sebagai warga hanya memiliki harapan ke arah itu. Intinya, Pemkab jika memiliki saham dari panas bumi untuk keuntungan masyarakat juga," katanya. (Abh)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait