bjb

Gramedia Hadir Untuk Kebutuhan Baca Warga Bandung

JABARNEWS | BANDUNG - Meski keberadaan media sosial banyak dinilai sebagai salah satu faktor turunnya minat baca terhadap buku, Direktur Operasional PT Gramedia Asri Media, V. Sugiarto optimis hal tersebut tidak akan berdampak buruk terhadap minat baca.
Hal itu diungkapkannya saat dirinya meresmikan Store Gramedia Bandung Supratman di Jalan Supratman, Senin (15/10/2018).
Ia menuturkan, justru tahun ini minat baca terhadap buku mengalami peningkatan hingga 12.36 persen. "Untuk Jawa Barat peningkatan pembelian buku 9 persen dan Jakarta mengalami peningkatan paling tinggi dibandingkan dengan kota-kota lainnya," ungkapnya.
Sementara, untuk kuantiti penjualan buku di Gramedia secara keseluruhan setiap bulannya, bisa mencapai hingga 1,7 juta buku.
Menurut dia, adanya stigma yang mengatakan jika keberadaan media sosial menggeser kehadiran buku, justru sebaliknya. Dengan media sosial menjadi salah satu media yang dapat menggerakan masyarakat tentang pentingnya membaca.
Ia mencontohkan, adanya media sosial muncullah komunitas literasi, dimana menjadi satu wadah berkumpulnya orang-orang yang suka membaca dan sharing tentang buku-buku bacaan.
Terbukti, dalam kurun waktu setahun ini pembelian terhadap karya fiksi masih menjadi best seller, terutama untuk novel.
Sementara untuk buku pelajaran buku agama masih menjadi pembelian tertinggi dibandingkan dengan buku pelajaran lainnya.
Gramedia Bandung Supratman merupakan store ke 6 Gramedia di Bandung, setelah Gramedia Merdeka.
Gramedia PVJ, Gramedia Trans Studio Mall, Gramedia Istana Plaza dan Gramedia Festival City Link. Ada sekitar 6000 item buku dengan berbagai pilihan stationery dan IT.
"Gramedia ingin menangkap peluang untuk memenuhi kebutuhan warga Bandung peralatan kantor," jelasnya.
Dengan konsep New Identity, Gramedia Bandung Supratman hadir untuk memperkaya ide serta kreativitas masyarakat di Bandung.
Selain itu Gramedia juga mewadahi para penulis muda di program Gramedia Writer and Readers.
"Kami merangkul para penulis muda, dengan begitu saya yakin tidak hanya minta baca saja yang mengalami peningkatan, namun juga untuk penulis," tandasnya. (Tri)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait