bjb

Dua Edisi Terakhir Tabloid Bola, Publikasi Pamitan

JABARNEWS | BANDUNG - Managing Editor BolaSport, Firzie Idris di akun Twitter-nya, @firzieidris, Senin (16/10/2018) malam. Dalam cuitannya, Firzie menyatakan tabloid BOLA akan menerbitkan dua edisi terakhir pada Jumat (19/10/2018) dan Selasa (23/10/2018).

Dikutip ruber.id, tabloid olahraga legendaris BOLA mengumumkan akan berhenti terbit dalam waktu dekat setelah 34 melayani pembacanya.

"Berhubung sudah banyak yang nanya. Dua terbitan terakhir @TabloidBOLA adalah Jumat (19/10) dan Selasa (23/10) di mana edisi terakhir merupakan publikasi pamitan kami. @BolaSportcom tetap bertahan dalam perannya sebagai situs olahraga Kompas Gramedia” tulis Firzie.

Tabloid BOLA dimulai dari halaman sisipan di harian KOMPAS pada 3 Maret 1984. Karena tingginya minat pembaca terhadap halaman sisipan BOLA, di tahun yang sama manajemen Kompas kemudian menerbitkannya secara terpisah dalam bentuk tabloid.

Keputusan tersebut cukup berhasil karena BOLA jadi media olahraga yang cukup bisa diterima pembaca. Apalagi persaingan media kala itu tak seketat seperti sekarang. Bisa dikatakan kala itu kompetitor BOLA hanya tabloid olahraga Tribun.

Tabloid yang memiliki maskot ikonik ‘Si Gundul’ itu, tak lepas dari totalitas BOLA dalam peliputannya. BOLA kerap hadir dalam sejumlah event olahraga penting baik yang bersifat single maupun multi event, seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Olimpiade, Asian Games, SEA Games, final NBA dan lainnya.

Pada pertengahan 1990-an, hadir media Gema Olahraga (GO) yang terbit dua kali dalam sepekan setiap hari Selasa dan Jumat. Keberadaan GO mau tak mau mendorong tabloid BOLA harus bersaing dengan konsep penerbitan dua kali dalam seminggu. Hingga akhirnya pada 1997, BOLA memutuskan terbit dua kali dalam seminggu.

Selain edisi mingguan, BOLA pun sempat menerbitkan edisi harian pada 2013. Hal itu dilakukan sebagai strategi perusahaan untuk menghadapi persaingan karena saat itu hadir Harian Olahraga Top Skor yang cukup bisa merebut hati pembaca. Namun tak bertahan lama Harian BOLA, tepatnya pada 7 November 2015, berhenti terbit.

Tiga tahun kebelakang, BOLA tutup lapak. Tapi bukan berarti benar-benar menghilang, sebab BOLA kini lebih fokus pada format digital yakni bolasport.com. Namun sebenanrnya situs berita olahraga dalam dan luar negeri ini adalah embrio dari juara.net sudah lama hadir dan dikelola di bawah manajemen BOLA. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi