Kunker Gubernur, KBRI Rusia Tawari Jabar Ikut Festival Indonesia 2019

JABARNEWS | MOSKOW – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyambut baik tawaran Kedutaan Besar RI untuk Rusia untuk berpartisipasi dalam Festival Indonesia di Moskow, Rusia, pada 2019 dan berencana akan mengirimkan UKM Jabar.

Tawaran ini diungkapkan langsung oleh Duta Besar RI untuk Rusia, Dubes RI untuk Rusia Belarus M Wahid Supriyadi pada pertemuan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan KBRI, Diaspora, dan PPI Moskow di Wisma Duta Besar, Moskow, Rusia, Selasa (16/10/18) waktu setempat, dalam rangka kunjungan kerja.

Pada kesempatan itu Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menyampaikan beberapa best practice di Jawa Barat diantaranya visi misi Gubernur dan Wagub ke depan untuk membentuk West Java Digital Province.

Baca Juga:  Pergerakan Tanah Landa Tasikmalaya, Banyak Rumah Rusak, Pertanian Gagal Panen

“Saya sebagai gubenur akan mencoba menerapkan keadilan yang merata ke seluruh kabupaten kota di Jawa Barat, seperti contohnya keharusan untuk memiliki alun-alun sebagai tempat untuk berkumpul, bersosialisasi dan berinteraksi antar masyarakat sehingga indeks kebahagiaan pun dapat meningkat di seluruh Jawa Barat,” katanya.

“Selain itu dalam rangka menekan angka korupsi di daerah saya juga akan menerapkan e-budgeting ke seluruh kab kota di Jawa Barat sebagai upaya untuk transparansi anggaran dan wujud akuntabilitas pemerintah kepada masyarakat,” tambah Emil.

Emil kemudian mengambil contoh pengalamannya memimpin Kota Bandung, “Sebagai contohnya, Kota Bandung setelah menerapkan e-budgeting dapat menghemat anggaran hingga Rp1 T, karena program yang tidak relevan dan tidak efisien dapat dieliminir oleh aplikasi tersebut,” paparnya.

Baca Juga:  Petugas KPPS Jadi Korban, Tim Medis Mana?

Dubes RI untuk Rusia Belarus M Wahid Supriyadi menilai hubungan Rusia-Indonesia terjalin semakin harmonis. Ini juga sejalan dengan angka wisatawan Rusia ke Indonseia yang semakin meningkat setiap tahunnya.

“Era ini merupakan second Golden Era of Indonesia Rusia Relation yang mana hubungan kedua negara menjadi harmonis dan sinergis,” katanya.

Untuk itu, menurutnya, ini adalah momen yang tepat mengenalkan daerah-daerah potensial, khususnya Jabar.

“Wisatawan rusia ke indonesia meningkat tiap tahunnya, kami sangat berharap mereka juga akan mengunjungi Jawa Barat selanjutnya,” kata Wahid.

Sejalan dengan hal tersebut, Emil menyambutnya dengan mengatakan akan mengirimkan angklung untuk KBRI untuk Rusia.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Inginkan Tes PCR Gratis, Penurunan Harganya Dipantau

“Saya akan mengirimkan angklung, instrumen musik khas jawa barat ke KBRI moskow untuk memberikan edukasi cultural bagi masyarakat di sini,” katanya disambut meriah audiens.

Beasiswa Mahasiswa Asal Jabar

Pada kesempatan yang sama, Emil melakukan dialog bersama Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Rusia dan menangkap aspirasi yang disampaikan. Diantaranya adalah pengajuan peningkatan nominal (top up) beasiswa seperti yang telah dilakukan Pemprov Kalimantan Timur.

Menanggapi hal tersebut, Emil berjanji akan mempelajari aturan pembiayaan dan akan segera merealisasikan top up bagi penerima beasiswa dari Pemerintah Rusia, sementara data pelajar akan segera disiapkan KBRI. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat