aqua

Soal Dua Caleg Dicoret Dari DCT, Ini Penjelasan KPU Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA - Berdasarkan hasil rapat pleno, Rabu (17/10/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta Jawa Barat resmi mencoret dua calon anggota legislatif (caleg) dari daftar calon tetap (DCT) Pileg 2019.

Menurut keterangan dari Divisi Hukum KPU Kabupaten Purwakarta Salman, dua orang caleg yang dicoret itu yakni dari Partai Berkarya dan PKB. Itu dikarenakan keduanya telah memalsukan dokumen persyaratan pencalonan dengan tidak mencantumkan keterangan pernah dipidana.



"Mengenai DCT yang dicoret, sebetulnya kan itu kita hanya melanjutkan proses penanganan kasus DCT yang sudah ditangani oleh KPU sebelumnya. Kita menindaklanjuti tentang DCT yang diadukan oleh masyarakat bahwa yang bersangkutan itu adalah terpidana," paparnya saat diwawancara jabarnews di ruang kerjanya, (19/10/2018).

Lanjut Salman, saat di proses pihaknya melihat file-filenya, sehingga menjadi bahan pertimbangan sebelum di pleno-kan. Walaupun memang di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) sudah jelas dan surat edaran dari KPU RI pun sudah ada.

"Kemarin sebelum pleno juga kita komunikasi dengan KPU Provinsi, sudah langsung ke Divisi hukum dan divisi teknis di Provinsi. Mendapatkan arahan dari KPU Provinsi, setelah mendapatkan arahan KPU Provinsi juga langsung komunikasi dengan KPU RI, sehingga kemarin sekitar tanggal 15 oktober KPU Provinsi mengeluarkan tahapan paska penetapan Daftar Calon Tetap,"ujarnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi