Golkar Jabar Bidik Suara Millenial

JABARNEWS | BANDUNG – Kantong suara kaum millenial di Jawa Barat sangat dominan. Berdasarkan data internal DPD Golkar Jabar, sebanyak 32% pemilih di provinsi lumbung suara nasional itu berasal dari kaum millenial.

Atas dasar tersebut, DPD Golkar Jabar menggelar lomba Stand Up Comedy. Kegiatan itu dipusatkan di Aula Caringin Sakti, Kantor DPD Golkar Jabar. Tepatnya, di Jalan Maskumambang No 02, Kota Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi menjadi inisiator utama penyelenggaraan acara yang digandrungi anak muda tersebut. Menurut dia, satu-satunya cara agar Golkar mampu hadir memberi solusi adalah dengan membuka ruang komunikasi.

Format ruang tersebut tidak bisa formal. Pasalnya, berdasarkan telaah Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Jawa Barat itu, kaum millenial tidak menyukai sifat formal sebuah forum. Karena itu, stand up comedy dia pilih untuk kanal komunikasi antara Golkar Jabar dan kaum millenial.

Baca Juga:  Sidang Korupsi Mantan Bupati Cirebon, Orang Gila Dicatut Jadi Nama Rekening

“Ini kan ruang komunikasi. Dulu, kritik itu disampaikan melalui aksi demonstrasi. Sekarang tidak lagi, kritik itu baiknya ada unsur estetika dan sastra sehingga mampu bersuka ria. Jadi, gak pakai propaganda kebohongan,” katanya.

Tema “Nyarekan Golkar” atau Memarahi Golkar sengaja diambil dalam acara yang melibatkan 40 komika dari 27 kabupaten/kota di Jabar. Tema tersebut menjadi penegas bahwa Golkar Jabar sangat terbuka terhadap kritik pedas sekalipun.

Menurut Dedi, seluruh materi yang disajikan komika akan masuk ke dalam rapat konsolidasi internal untuk dibahas. Hal ini dalam rangka penguatan identitas Golkar Jabar sendiri.

Baca Juga:  BMKG: Waspadai Potensi Gempa Besar, Harus Miliki Budaya Mitigasi

“Acara ini juga sebagai evaluasi bagi kader. Saya sampaikan bahwa Golkar ini bukan partai ‘menak’ (tokoh.red). Tetapi, Golkar ini partai rakyat, karena itu harus memahami bahasa rakyat. Komika itu selalu peka terhadap keresahan rakyat. Itu harus dicontoh kader,” ujarnya.

Penekanan untuk Caleg Golkar Jabar

Selain kader, penekanan secara khusus diberikan kepada para calon anggota legislatif dari Golkar Jabar. Jika terpilih, mereka diharuskan untuk menterjemahkan materi dari para komika menjadi rancangan pergerakan harian.

Karena itu, Dedi Mulyadi menginstruksikan seluruh caleg untuk hadir dan menyimak paparan dari para komika. Para caleg itu dibagi dua sesi kehadiran. Sesi pagi untuk caleg Golkar Jabar dari daerah Jabar Utara. Sementara sesi malam untuk para caleg yang berasal dari daerah Jabar Selatan dan Priangan.

Baca Juga:  Ada Pencemaran Kali Cilemahabang, Penjabat Bupati Bekasi Bereaksi

“Kalau mereka terpilih, tata cara memberikan masukan kepada pemerintah harus seperti ini, gak harus kasar. Saya kira ini harus menjadi pola ke depan,” katanya.

Budi Dalton, Taufik Faturahman dan Wanda Urban bertindak sebagai juri dalam kegiatan tersebut. Berbagai kriteria mulai dari originalitas materi dan performance menjadi unsur penilaian utama. Para komika sendiri memperebutkan hadiah utama sebesar Rp10 Juta.

“Tidak boleh ada SARA, kritiknya harus cerdas dan materinya original. Itu kriteria utama,” kata Taufik Faturrahman. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa Barat