BIJB Kertajati Majalengka Buka Penerbangan Ke Bandarlampung Dan Semarang

JABARNEWS | BANDUNG – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka akan menambah dua rute baru penerbangan dari dan menuju BIJB. Kedua rute itu yakni dari BIJB menuju Semarang dan Bandarlampung maupun sebaliknya.

Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra, mengatakan, dua rute penerbangan baru tersebut akan dilayani maskapai penerbangan domestik Transnusa yang dimulai November 2018.

“Penambahan rute menuju dua daerah daerah tersebut dilakukan karena permintaan dan potensi pasar menuju wilayah tengah dan barat Indonesia cukup besar. Untuk sementara, Transnusa akan melayani penerbangan menuju Semarang dan membidik Yogyakarta pada tahap selanjutnya,” kata Virda, dikutip pikiran-rakyat.com, Sabtu (20/10/2018).

Baca Juga:  Pemain Timnas Indonesia yang Berkarir di Luar Negeri Belum Pasti Bertanding di Piala AFF 2022, Ini Alasannya

“Untuk penerbangan menuju Bandarlampung yang berada di bagian barat diharapkan menjadi rintisan penerbangan menuju daerah lainnya di Sumatera seperti Medan, Palembang, Jambi, Riau, Aceh, bahkan Batam yang dinanti-nanti warga Jawa Barat,” tambahnya.

Dikatakannya, sejak mengantongi izin penerbangan pada 2011, maskapai Transnusa lebih banyak melayani penerbangan di Indonesia bagian timur. Kini, layanannya diperluas menuju wilayah tengah dan barat Indonesia.

Lanjut dia, pada awal penerbangannya dari Bandara Kertajati, Transnusa akan mengisi jadwal penerbangan pada Minggu 4 November 2018. Layanan penerbangan domestik itu akan dibuka sepekan dua kali, yakni Minggu dan Senin, pergi-pulang.

Baca Juga:  Seorang Pria Tanpa Busana Tewas Tergeletak di Jalinsum Serdang Bedagai

Jadwal penerbangan dari BIJB (KJT) menuju Bandarlampung (TKG) yakni pukul 6.30 WIB dengan waktu tempuh sejam. Sebaliknya, dari TKG menuju KJT, pesawat akan lepas landas pukul 7.50 WIB dan tiba di bandara tujuan pukul 8.50 WIB.

Untuk layanan menuju Semarang, penerbangan dibuka pukul 9.10 WIB dan dijadwalkan tiba di bandara tujuan pukul 9.55 WIB.

Sementara penerbangan dari Semarang menuju BIJB, pesawat akan lepas landas pukul 17.25 WIB dan tiba pukul 18.10 WIB.

“Sebelum membuka rute penerbangan ke Semarang dan Bandarlampung, BIJB sudah melayani penerbangan domestik setiap harinya dengan tujuan Surabaya dan sebaliknya sejak Juni 2018 lalu,” tuturnya.

Baca Juga:  Ombudsman RI Anugrahi Kota Bandung Sebagai Kota Dengan Kepatuhan Tinggi Pelayanan Publik

BIJB juga, sebut Virda, melayani penerbangan internasional yang ditandai dengan penerbangan langsung ke Madinah oleh Maskapai Lion Air pada 13 Oktober lalu. Penerbangan umrah dengan pesawat tipe Boeing 737 Max 8 tersebut dilakukan seminggu sekali.

“Rute penerbangan lain yang tengah dibidik yakni Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Makassar. Sedangkan penerbangan internasional yakni Singapura, Malaysia, Tiongkok, dan Jepang. Pada awal pengoperasian bandara ini, kami targetkan ada 14 rute penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati,” pungkasnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat