bjb

Kurangi Angka Kecelakaan, Sofian: Inget Kudu Aman dan Tertib

JABARNEWS | KAB. BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Bandung, Sofian Nataprawira mengungkapkan, kecelakaan lalu lintas tidak hanya menimbulkan kerugian secara materil saja, tapi juga banyak korban jiwa.

Hal tersebut akibat dari kurangnya kesadaran dan pemahaman dalam berlalulintas, sehingga menimbulkan banyak permasalahan.

Menurutya, upaya menurunkan angka kecelakaan dan menciptakan lalu lintas di jalan yang aman dan tertib, tidak bisa hanya dilakukan sendirian oleh pemerintah saja. Dibutuhkan peran aktif masyarakat, karena keselamatan jalan tidak mungkin terwujud bila tidak diawali saat ini dari diri sendiri, keluarga, masyarakat, serta lingkungan kerja sampai akhirnya menjadi budaya dan peradaban bangsa.

Dengan jumlah kendaraan yang tercatat di Kabupaten Bandung sebanyak 1.029.897 unit, kata Sofian, pemerintah mengimbanginya dengan melakukan peningkatan kondisi jalan sepanjang 820,29 kilometer menjadi jalan mantap, dari panjang jalan 1.146,69 kilometer atau sekitar 71,54 persen," ungkap Sofian di sela kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2018 di Kawasan Gedong Budaya Sabilulungan, Soreang, Kab. Bandung, Minggu (21/10/2018).

Dirinya menyebutkan, upaya mengurangi kecelakaan lalu lintas secara sabilulungan sudah dilakukan. Operasi gabungan bersama pihak kepolisian, kegiatan ramp chek kendaraan umum dan kendaraan pengangkut orang atau barang, rekayasa lalu lintas, pemasangan rambu lalu lintas, hingga melaksanakan sosialisasi terutama kepada pelajar akan pentingnya keselamatan di jalan raya.

"Hal ini dilaksanakan karena kita menyadari keselamatan adalah suatu keharusan dan keselamatan adalah tanggung jawab kita semua. Melalui kegiatan sosialisasi keselamatan jalan ini, saya harapkan bisa menggugah masyarakat untuk meningkatkan keterampilan berkendara, sadar untuk berperilaku aman dan selamat, dan menjaga ketertiban dengan menaati peraturan yang ada," ujarnya.

Pada kegiatan PNKJ tersebut, selain sepeda nusantara yang diikuti sekitar 3000 orang itu, ada juga Safety Riding Corner, Games Corner, Lomba Mewarnai tingkat SD se-Kabupaten Bandung serta dialog nasional bertajuk keselamatan bertransportasi.

Turut hadir pada kesempatan itu, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan H. Marlan, serta seluruh jajaran Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi