aqua

Hujan Baru Turun Sehari, Petani Lohbener Mulai Tanam Padi

JABARNEWS | INDRAMAYU - Kendati hujan baru satu hari turun, petani di Desa Panyindangan Kulon dan Desa Panyindangan Wetan, Kecamatan Sindag termasuk Desa Rambatan Wetan Blok Gandok Kecamatan Lohbener langsung melakukan tanam rendeng 2018/2019. Hal itu dilakukan untuk menghindari kekeringan pada musim tanam gadu tahun depan.

Dikutip kabar-cirebon.com, di sejumlah desa tersebut, umur tanaman padi rata-rata mencapai satu minggu. Namun, penanaman tersebut belum dilakukan secara serempak oleh petani setempat lainnya. Masih ada sejumlah petani yang baru memulai pengolahan tanah dan penebaran bibit.



"Cepat tanam, biar cepat panen. Setelah itu, bisa cepat tanam gadu untuk menghindari kekeringan," ujar Kadma, seorang petani di Desa Panyindangan Kulon, Kecamatan Sindang.

Kata Kadma meski hujan itensitas rendah. Namun, perairan di sawah terbantu dengan datangnya pasokan air dari Bendung Rentang di Kabupaten Majalengka, yang mulai masuk melalui Sungai Cimanuk.

Ditambahkan Kadma, untuk membantu masuknya air dari sungai ke sawah, dia memanfaatkan mesin pompa air. Mesin tersebut secara berkala menyedot air dari sungai untuk dialirkan ke areal sawah yang sebelumnya memalui saluran tersier.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi