Puluhan Rumah Di Sukatani Purwakarta Rusak Diterjang Puting Beliung

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 54 rumah warga rusak berat/ringan di Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, setelah diterjang angin kencang disertai hujan deras (puting beliung), Rabu (24/10/2018) sore.

Dampak sapuan puting beliung yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB tersebut, selain menumbangkan beberapa pohon juga mengakibatkan rumah warga rusak parah hingga sebagian rata dengan tanah.

“Saat kejadian saya sama keluarga berada didalam rumah, kami langsung lari keluar takut tertimpa bangunan,” kata Atang (29), salah satu warga RW 04 yang rumahnya hampir rata dengan tanah, Kamis (25/10/2018).

Baca Juga:  Yana Dorong Pelaku UMKM Untuk Masuk e-Katalog, Regulasi Akan Dipermudah

Pascakejadian, Atang dan keluarganya hanya bisa pasrah melihat rumah sederhana yang dibangun dari hasil kerja kerasnya sebagai tukang bangunan tersebut sudah tidak bisa ditempati.

“Mungkin saat ini saya kembali tinggal di rumah orang tua, sambil berusaha membangun kembali rumah mudah mudahan saja nanti ada bantuan dari pemerintah juga,” ucap Atang.

Diketahui, dampak dari terjangan puting beliung tak hanya terjadi di Rw 04, beberapa wilayah Rw lainnya pun turut terdampak dengan kerusakan bervariasi.

Beruntung, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan untuk kerugian materi sementara diperkirakan sebesar Rp 176.000.000.

Baca Juga:  Soal Penanganan Bencana Gempa Cianjur, Dedi Mulyadi: Eksekutif dan Legislatif Harus Selaras

“Dari pantauan dilapangan, rumah yang terdampak ada sekitar 54 rumah dan itu tersebar di 7 RW yang berada di Desa Sukatani,” terang BabinKamtibmas Desa Sukatani, Bripka Erri Ginanjar, didampingi Tarim, Bamusdes setempat saat meninjau lokasi bencana.

Diakui Tarim, saat ini belum ada bantuan dari pihak manapun termasuk dari pemerintah setempat.

Untuk sementara, warga secara bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak disetiap wilayahnya.

“Kalau hanya melihat, dari pemerintah desa juga kecamatan sudah ada yang datang, tapi kalau bantuan belum ada. Ya mudah-mudahan saja nanti ada bantuan karna itu sangat dibutuhkan warga,” harap Tarim.

Baca Juga:  Ini Destinasi Wisata Majalengka Yang Harus Kalian Kunjungi Saat Liburan

Berikut data kerusakan rumah warga di beberapa wilayah di Desa Sukatani.

1. RW 09: 1 Rusak berat, 6 Rusak ringan

2. RW 10: 2 Rusak berat, 4 Rusak ringan

3. RW 03: 11 Rusak ringan

4. RW 06: 1 Rusak berat, 10 Rusak ringan

5. RW 04: 1 Rusak berat, 15 Rusak ringan

6. RW 02: 1 Rusak berat,

7. RW 01: 2 Rusak berat.

Sementara total kerugian materi diperkirakan sebesar Rp 176.000.000. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat