Mahasiswa STIES Darul Ulum Bantu Pengembangan UMKM Masyarakat Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Guna mengimplementasikan salah satu mata kuliahnya, sebanyak 60

mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Darul Ulum Purwakarta terjun kemasyarakat.

Terjunnya mahasiswa tersebut salah satunya untuk membantu masyarakat, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usaha yang sedang mereka jalani.

“Dalam program ini kita memberikan berbagai informasi dan pengetahuan kepada pelaku UMKM tentang bagaimana cara mengembangkan usaha mereka saat ini,” kata Ketua STIES Darul Ulum Ahmad Damiri, Selasa (01/08/2017).

Baca Juga:  Sebanyak 334 Personel Disiagakan untuk Amankan Lebaran 2024, Dadang Supriatna Beberkan Hal Ini

Ahmad menjelaskan, kegiatan ini selalu dilakukan pihaknya setiap 2 tahun sekali bagi mahasiswa jurusan Perbankan Syariah semester 6. Dalam pelaksanaannya mahasiswa mendatangi satu persatu pedagang kaki lima dibeberapa pasar yang ada di Purwakarta.

“Salah satunya mahasiswa kita memberikan informasi sistem pemasaran dan manajemen wirausaha yang baik untuk pengembangan usaha mereka,” jelasnya.

Ahmad menilai, pelaku UMKM seperti para pedagang kaki lima memiliki peranan dalam pertumbuhan ekonomi serta mengatasi masalah pengangguran.

Baca Juga:  Sebanyak 2.209.605 Orang di Kabupaten Bekasi Jadi DPS Pemilu 2024

“Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari. Yaitu dari tanggal 29 Juli 2017 hingga 2 Agustus 2017,” tuturnya.

Ahamad mengungkapkan, kegiatan ini juga sebagai penarapan visi dan misi STIES Darul Ulum, yaitu mencetak sumber daya manusia yang profesional dalam bidang ekonomi syariah khususnya wirausaha.

“Sesuai dengan jurusannya, kita bertekad menciptakan lulusan mahasiswa yang handal sebagai pengusaha yang sukses nantinya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Polsek Campaka Cianjur Bubarkan Kerumunan Turnamen Sepakbola

Mak Nunun salah satu pedagang Bakso di Pasar Sumbersari Kiarapedes mengapresiasi kegiatan tersebut. Informasi yang disampaikan mahasiswa cukup berguna bagi usahanya khususnya soal melakukan promosi yang baik dan tepat.

“Saya sangat berterimakasih kepada para mahasiswa sudah, membantu memberikan cara memasarkan usaha saya serta memperhatikan pelaku usaha kecil seperti kami,” tuturnya. (Had)

Jabar News | Berita Jawa Barat