bjb

Gado-gado Legendaris Bandung Emang Paling Mantippsss!

JABARNEWS | BANDUNG - Siapa yang tak kenal gado-gado? Penganan tradisional khas Betawi ini terdiri dari sayur-sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu.
Setelah tercampur, sayur-sayuran itu disiram bumbu kacang tanah disertai irisan telur. Bahkan, ada pula yang menambahkan kentang rebus yang sangat empuk. Terakhir, di atasnya ditaburi bawang goreng yang sangat menggugah selera.
Rumah Makan Angkasa merupakan salah satu rumah makan yang menyajikan gado-gado legendaris di Kota Bandung. Rumah makan ini sudah ada sejak 1968. Lokasinya memang agak ke dalam di Jalan Tengku Angkasa No 37.
Rumah makan ini memanfaatkan garasi rumah untuk dijadikan ruang makan yang mampu menampung kurang lebih 20 orang. Rumahnya sendiri tidak begitu luas dan bergaya kolonial dan tanpa fasilitas pendingin ruangan.
Sehingga pada waktu jam makan siang, Rumah Makan Angkasa selalu penuh dan terasa panas. Meskipun sangat sederhana, tempatnya masih nyaman, bersih, dan pelayanan yang cekatan.
Serta yang paling penting adalah makanan lezat dibanderol dengan harga yang terjangkau. Menu favorit warung makan ini adalah gado-gado.
Kelezatan lotek versi Betawi ala R.M. Angakasa memang bukan rahasia lagi. Penyajiannya menggunakan potongan lontong, setengah potong telur rebus, kentang rebus, irisan tahu, ditambah dengan sayuran seperti kol, tauge, selada dan kacang panjang.
Kemudian diguyur saus kacang lembut yang rasanya manis dan gurih. Satu porsinya sangat banyak sehingga cukup untuk dimakan dua orang.
Tidak hanya gado-gado yang dapat Anda nikmati di R.M. Angkasa, Anda juga bisa memesan menu nasi rames atau makanan lain sesuai selera.
Ada aneka ikan goreng dari ikan mujaer hingga nila, pepes ikan mas, pepes tahu, orek tempe, sayur lodeh, ayam bakar, ayam goreng, soto, perkedel jagung, perkedel kentang, balado terong, dan tak ketinggalan tempe mendoan yang juga nikmat.
Yeni (56) pemilik RM Angkasa, menuturkan, awalanya RM Angkasa ini dirintis Hj Atika pada 1968. "Saat itu Hj. Atika yang merupakan mertua saya, mendirikan RM Angkasa dengan menu pertamanya gado gado," jelas Yeni, Jumat (21/7/2017).
"Maka dari itu nama gado gado Tengku Angkasa lebih populer ketimbang menu lainnya," tambah Yeni.
Selain itu, Yeni mengaku yang membuat gado gado Tengku Angkasa terkenal karena bumbu kacangnya yang lembut, manis dan juga gurih.
Tak ayal RM Angkasa kerap dipenuhi pengunjung hampir setiap harinya. Bahkan di waktu-waktu tertentu, pengunjung harus rela antre demi sepiring gado-gado yang porsinya banyak. "Biasanya paling ramai saat sarapan dan makan siang," ujar Yeni. (Tri)
Jabarnews | Berita Jawa Bara
Tags :
properti

berita terkait