Tokoh Jabar Kecewa, Emil Nonton Konser GNR Di Tengah Bencana Tasikmalaya

JABARNEWS | BANDUNG - Sejumlah tokoh Jawa Barat merasa prihatin dan kecewa dengan kurang perhatiannya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil), terhadap masalah kemanusiaan dan bencana di Jabar. Itu terkait dengan aksi Gubernur Jabar yang nonton konser band legendaris Guns 'N Roses (GNR) di Jakarta, di tengah bencana banjir yang melanda warga Kabupaten Tasikmalaya.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar, Dadi Rochanady, mengatakan, dia merasa prihatin mendengar Gubernur Jabar Ridwan Kamil menonton konser GNR di tengah masyarakat Jabar lainnya sedang berduka dengan bencana banjir di Kabupaten Tasikmalaya.
"Bahkan saat ini ada 6 orang yang meninggal dunia karena musibah itu," jelas Dadi, Sabtu (10/11/2018).
Menurutnya, Gubernur tidak mengumbar nonton konser GNR tersebut, karena ada warga jabar yang sedang berduka.
"Sebagai Gubernur baru, Kang Emil harus pandai memilah dan memilih, buat skala prioritas, mana prioritas utama dan lainnya. Nonton itu kan harusnya bisa melihat kondisi yang ada, jangan pas ada bencana," katanya.
Memang, lanjutnya, Gubernur Jabar telah mengirimkan bantuan untuk para korban bencana dan menurunkan personel ke wilayah bencana.
"Tapi kan tidak demikian, dalam kondisi seperti ini kalau nonton GNR itu kurang pas, apalagi sebagai gubernur baru. Jangan pada saat ada bencana seperti ini malah nonton, salah besar itu. Jangan musibah dikalahkan oleh nonton," tegasnya.
Menurutnya, Gubernur Jabar seharusnya bisa lebih memperhatikan bencana musibah tinimbang nonton GNR yang sifatnya hiburan. Apalagi banyak korban jiwa yang terjadi disana.
"Ya mungkin 6 orang meninggal ga seberapa, tapi mudah-mudahan ga begitu cara berpikirnya. Kalau berpikir begitu, repot," katanya.
Hal senada diungkapkan Ketua Komunitas Lingkungan dan Budaya Sunda Kiwari Jawa Barat, Dadang Hermawan. Diungkapkannya, dirinya merasa prihatin dengan berkurangnya perhatian masyarakat dan pemerintah terhasap masalah bencana.
"Sekarang ini ada degradasi kemanusiaan. Masyarakat cenderung lebih mengabaikan kemanusiaan, apa memang sudah zamannya, zaman edan. Ini kondisi runtuhnya moralitas bangsa, yang abai terhadap kondisi di sekitarnya," jelas pria yang akrab disapa Kang Utun ini.
"Sepertinya ini masalah kode etik saja. Memang selama ini Kang Emil cukup responsif dalam kebencanaan. Tapi kalau nonton konser, sekarang ini kan lagi ada musibah bencana, ya jangan terlalu menonjolkan yang sifatnya hiburan. Jangan sampai masyarakat berfikiran kita lagi ada bencana ini malah gubernur jingkrak jingkrak," pungkasnya.
Diketahui, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama istri sempat menonton konser GNR di Jakarta, Kamis (8/11/2018).
Namun demikian, saat dikonfirmasi media, Jumat (9/11/2018), Emil enggan mengungkapkan hal tersebut dan melimpahkan pertanyaan itu pada istrinya.
"Tanya saja sama ibu," ujar Emil sambil berlalu. (Wan)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
 
Tags :
teu baleg

berita terkait