Bupati Sumedang Canangkan Progam Reaksi Cepat Tangani Sampah

JABARNEWS | SUMEDANG – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, membuka acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV Tingkat Kabupaten Sumedang sekaligus Pencanangan Gerakan Jum’at Bersih di Halaman IPP, Jum’at (9/10/2018).

Kegiatan yang bertemakan “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Dan Gerakan Jumat Bersih Kita Tingkatkan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan Untuk Mewujudkan Masyarakat Sumedang Yang Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional Dan Kreatif” tersebut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Sumedang, para Camat, para Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Sumedang dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H.Teddy Mulyono selaku ketua penyelenggara dalam laporannya menyampaikan dasar dari dilaksanakannya kegiatan Pencanangan BBGRM XV Tahun 2018 tersebut adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri No.42 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan BBGRM.

Baca Juga:  Petakan Daerah Rawan Konflik saat Pilkades Serentak, Polres Pangandaran Masih Kekurangan Personel

“Ini telah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan sampai di tingkat Desa dan Kelurahan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Diharapkan Teddy, kegiatan itu dapat meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembangunan di bidang kemasyarakatan, ekonomi, sosial budaya, dan agama.

“Di samping menciptakan lingkungan yang hijau dan bersih, juga kegiatan ini guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa melalui budaya gotong royong masyarakat menuju penguatan pergerakan integrasi bangsa,” ujarnya.

Baca Juga:  Tak Dapat Bansos, BPNT-Pun Jadi, Dinsos Cianjur: Sudah Terdata Belum?

Selain itu, diharapkan mampu untuk menggerakan peran aktif masyarakat melalui semangat kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong dalam menciptakan Sumedang bersih serta memupuk keswadayaan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Sumedang dalam sambutannya mengatakan, melalui BBGRM XV tahun 2018 yang dirangkaikan pula dengan Gerakan Sumedang Bersih, Pencanangan Unit Reaksi Cepat Penanganan Sampah (URCPS) dan Lomba Kebersihan dalam rangka memotivasi masyarakat untuk gaya hidup bersih dan sehat, diharapkan dalam setiap sendi kehidupan bermasyarakat nantinya senantiasa tetap melestarikan dan mengembangkan semangat kegotongroyongan dan keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai budaya masyarakat setempat.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Sumedang mari kita tingkatkan peran lembaga kemasyarakatan Desa dan Kelurahan untuk mewujudkan Sumedang Simpati,” ajaknya.

Baca Juga:  Tinjau DAS Citarum, Emil Optimis Citarum Jadi Tempat Terindah

Selanjutnya, lanjut Bupati, untuk sekarang dan ke depannya Pemerintah Daerah akan mengupayakan peningkatan kebersihan lingkungan di Tingkat Desa dan Kelurahan melalui berbagai kegiatan salah satunya yaitu melalui gerakan Jum’at Bersih.

Pencanangan juga ditandai dengan pemukulan Kohkol (kentongan) sebanyak lima kali oleh Bupati Sumedang diikuti unsur Forkopimda, beserta jajaran SOPD yang hadir, tak ketinggalan dari unsur TP PKK Kab. Sumedang.

Turut diserahkan secara simbolis kendaraan bermotor persampahan kepada Tim URCPS. Acara diakhiri dengan peninjauan Bupati ke stand-stand pameran yang menampilkan produk-produk unggulan dari masing-masing desa dan kecamatan se-Kabupaten Sumedang. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat