Dorong Potensi Investasi Di Daerah, BI Jabar Gelar WJI

JABAR NEWS | BEKASI – Untuk memberikan informasi terkini dan peluang investasi di daerah, khususnya di wilayah Jawa Barat, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jawa Barat (Jabar) menggelar rapat koordinasi West Java Incorporated (WJI).

Kali ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Auditorium Kantor Walikota Bekasi, Kamis (03/08/2017)

Kepala KPw BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat dalam paparannya diacara tersebut mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan dan meng-update data potensi investasi Jawa Barat. Terutama potensi investasi yang Clean and Clear untuk selanjutnya ditawarkan kepada investor, baik investor domestik maupun investor asing.

Baca Juga:  Perkuat Pertumbuhan UMKM, Ninja Xpress Berikan Layanan Creative Business Solutions

“Yang dimaksud dengan potensi investasi yang Clean and Clear adalah potensi investasi yang siap jual dan telah dilengkapi dengan feasibility study,” papar Wiwiek.

Wiwiek mengungkapkan ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh Kabupaten/Kota di Wilayah II Jawa Barat. Antara lain terkait dengan data, prosedur melakukan investasi yang jelas, ketentuan di daerah, aturan pajak dan rencana pembangunan infrastruktur di wilayah sekitarnya yang merupakan poin informasi yang dibutuhkan oleh investor.

“Dengan Rakor WJI ini diharapkan dapat terpetakan data potensi investasi yang Clean and Clear yang ada di wilayah II Jawa Barat, untuk kemudian dapat ditawarkan kepada investor.

Baca Juga:  Rabbani Berikan Diskon 50% Tiap Pembelian Kerudung & Pasmina

Sementara itu, Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu menyambut baik dan memberikan dukungan untuk setiap wilayah dapat menyampaikan potensi investasi yang dapat dijadikan informasi bagi investor untuk dapat berinvestasi.

Pada kesempatan lain disampaikan pula paparan oleh Robbi selaku Perwakilan DPMPTSP Provinsi Jawa Barat yang menjelaskan tentang pentingnya penguatan kelembagaan merupakan faktor utama dalam mendukung tercapainya tujuan dari kegiatan WJI ini.

Dibagian lain Tatang perwakilan dari BAPEDDA menyampaikan gambaran umum rencana pembangunan jangka panjang di wilayah Jawa Barat yang menitikberatkan pengembangan titik-titik kota pembangunan Kota Metropolitan di Jawa Barat.

Baca Juga:  Soal Pembelian Minyak Goreng Lewat Aplikasi PeduliLindungi, Ridwan Kamil Minta Warga Kuasai Budaya Digital

Dalam kegiatan ini setiap perwakilan dari kabupaten/kota wilayah II Jawa Barat menyampaikan data dan informasi potensi investasi terutama potensi yang timbul dari proyek-proyek infrastruktur di wilayah masing-masing.

Acara ini dihadiri oleh beberapa perwakilan DPMPTSP, BAPEDDA dan Biro Perekonomian Investasi dari Provinsi Jawa Barat, Wilayah II Jawa Barat yaitu Kabupaten/Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat