Ingin Kesan Pertama Anda Baik, Ini Tipsnya

JABARNEWS | MEMBUAT kesan pertama Anda baik dengan calon partner bisnis, wanita atau siapapun, salah satu kuncinya adalah penampilan, tampil apa adanya dapat memicu kegagagalan dalam hal membentuk kesan pertama yang baik.
Dikutip fashionpria.com, seorang psikolog dari Scripss College Dr. Lynn Carol Miller, mengatakan bahwa seseorang lebih suka mendengarkan dan memperhatikan lawan bicaranya yang memiliki penampilan menarik dan tidak biasa. Seorang juga dapat lebih mengingat perkataan orang tersebut.
Dilihat dari segi psikologis, orang yang tampil dengan nyaman dan menarik, dia akan lebih percaya diri dalam menyampaikan sesuatu. Sehingga lawan bicaranya juga bisa fokus dan tidak terganggu dengan penampilan yang semrawut.
Selain penampilan ada tiga hal penting yang dapat membentuk kesan pertama baik.
1. Cleanliness
Penting untuk memperhatikan kebersihan yang ada pada diri Anda. Baik itu pakaian yang Anda kenakan ataupun kebersihan diri. Pada umumnya, seseorang akan memperhatikan apa yang ada di depannya sebelum dia memperhatikan yang lain.
Semuanya dapat berawal dari kebersihan. Jangan lupakan untuk membersihkan diri pada pagi hari, menggunakan wewangian atau parfum dan memperhatikan grooming Anda.
Perhatikan juga kebersihan pakaian yang Anda kenakan. Segera tinggalkan pakaian yang kumel dan tidak mengundang seseorang untuk memperhatikan Anda. Pakaian kusut dan terdapat sedikit noda juga dapat menjadi penghalang Anda untuk membentuk kesan pertama yang baik.
2. Handshake
Setelah Anda merasa sudah bersih, percaya diri juga sudah mulai meningkat, hal selanjutnya yang penting dalam meningkatkan dan membentuk kesan pertama Anda adalah berjabat tangan. Dalam situasi yang cukup formal, berjabat tangan dan senyum adalah hal yang sudah pasti Anda lakukan saat bertemu dengan seseorang. Apalagi orang asing.
Namun apakah Anda sudah memperhatikan cara berjabat tangan Anda? Berjabat Tangan Kesan Pertama. Genggaman yang lemah, membuat Anda terkesan minder, grogi dan tidak percaya diri. Namun terlalu kuat juga membuat orang yang Anda temui merasa tidak nyaman.
Cukup genggam orang tersebut dengan tegas, eye contact, ayunkan dua kali dan lepaskan. Berjabat tangan adalah sesuatu yang mirip dengan menyampaikan “business card” Anda dan seseorang mungkin dapat menilai dengan cepat dari hal tersebut.
3. Eye Contact
Ketika Anda sudah tampil bersih, berjabat tangan dengan benar hal selanjutnya yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kesan pertama adalah “eye contact”. Pandangan mata yang benar akan memberikan hal positif untuk kesan pertama Anda.
Ketika Anda memulai perbincangan, dan ingin menyampaikan sesuatu, jangan lupa untuk melihat mata lawan bicara Anda. Pandangan mata yang munuju ke bawah akan memberikan kesan yang kurang percaya diri atau minder.
Kuncinya adalah “Don’t over do it” hindari tatapan yang terlalu tajam yang dapat membuat lawan bicara Anda takut dan tidak nyaman. Nah, kini Anda bisa mencoba tiga tips diatas untuk berbagai bidang kehidupan. (Vie)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait