bjb
itcbet

Maulid dan Mengenang Manusia Agung

BULAN sekarang ini dalam kalender hijrah sudah masuk Rabiul Awwal. Sudah diketahui oleh masyarakat Muslim Indonesia bahwa pada Rabiul Awwal ada hari istimewa, yaitu hari kelahiran manusia agung Kangjeng Nabi Muhammad saw. Hari lahirnya yang populer dikenal pada 12 Rabiul Awwal dan dijadikan hari libur nasional di Indonesia. Pemerintah pun merayakannya secara resmi dengan menghadirkan para tamu negara, pejabat, dan para ulama. Ini menjadi salah satu tanda bahwa kedudukan Nabi Muhammad saw di mata pemerintah dan masyarakat Indonesia memang sudah sangat diistimewakan.

Hampir di seluruh daerah Indonesia, baik perkotaan maupun pedesaan, umat Islam merayakannya. Dari mulai acara yang megah dan mewah, juga perayaan yang amat sederhana. Ada yang mengisinya dengan lomba-lomba keagamaan, seni, dan tabligh akbar. Salah satu kekhasan acara maulid di Indonesia selalu ada jamuan makan bersama dan pembacaan shalawat.



Di perkampungan biasanya pada bulan Rabiul Awwal diadakan pembacaan kitab Maulid Al-Barzanji, yang berisi uraian kelahiran Nabi Muhammad saw dan kehidupannya. Kitab ini pula yang dibaca saat akikah bayi pada hari ketujuh. Dengan harapan bahwa bayi nanti bisa meneladani dan mengambil hikmah dari perjalanan kehidupan Rasulullah saw saat tumbuh dewasa.

Di Yogyakarta ada perayaan Gerebeg Maulud. Di Cirebon ada tradisi Panjang Jimat. Di Tatar Sunda, baik itu Purwakarta maupun Karawang, biasanya acara memperingat hari lahir Nabi Muhammad saw populer dengan sebutan Muludan. Mungkin daerah lain punya sebutan khas untuk acara tersebut.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi