bjb
itcbet

PMII Majalengka Dorong Sinergitas Pengawasan Antar Lembaga

RUMITNYA kendala dan situasi di lapangan dalam menghadapi kontestasi Pileg dan Pilpres 2019 saat ini, membuat penyelenggara pengawasan seperti Bawaslu, harus bersinergi dengan lembaga pemantau pemilu, supaya tercipta sinergitas demi terwujudnya pemilu yang jujur dan adil serta berintegritas.

Ketua Cabang PMII Kabupaten Majalengka, Dede Sri Mulyati mengatakan ‎ada beberapa hal yang menjadi fokus utama kajian dan perhatian, yakni dalam konteks kepemiluan yaitu pendidikan politik masyarakat, mengawasi pelaksanaan tahapan-tahapan pemilu serta penyelenggara pemilu, vote buying (politik uang) yang merusak iklim demokrasi Indonesia.



Pendidikan politik pada masyarakat menjadi sangat penting, masyarakat harus memahami posisinya sebagai penentu arah masa depan bangsa. Hal ini juga berarti bahwa dinegara seperti Indonesia yang menganut sistem politik demokrasi rakyat mengambil peran dalam memilih pemimpin maka dalam kasus seperti ini sangat diperlukan kesadaran, rasionalitas dan tujuan batin (inner purpose) rakyat agar tidak salah dalam memilih pemimpinnya.

Dede menambahkan ‎dalam hal ini rakyat bukan hanya harus mengetahui calon pemimpinnya tetapi juga harus masuk ke tahap selanjutnya yakni mengenali, baik mengenali profile, visi-misi, dan program yang berpihak kepada masyarakat.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi