Bunda, Jangan Panik Ya Kalau Anak Anda Tantrum

JABARNEWS | PARENTING – Bunda, jika Anda mengalami anak tiba-tiba ngambek sambil menangis bahkan berguling-guling dan teriak atau disebut tantrum di tempat umum, jangan panik.

Usahakan tidak memarahi anak, karena akan membuat mereka malah makin menangis atau justru diam tak mau beranjak.

Berikut tips mengatasi anak tantrum seperti disampaikan psikolog Mellissa Grace lewat akun media sosialnya, @mellissa_grace, dikutip VIVA, Minggu (18/11/2018).

Baca Juga:  Toko Minimarket di Cikalongkulon Cianjur Digasak Kawanan Pencuri, Uang Puluhan Juta Raib

– Amankan

Maksudnya adalah untuk mengamankan anak secara fisik. Mellissa memberi contoh, jika anak ngambek dan posisinya di tengah jalan raya, maka gendong dan bawa anak dengan tenang ke tepi jalan atau tempat yang lebih aman.

– Biarkan

Jangan dimarahi atau dibentak, setelah ada di tempat aman, biarkan anak yang sedang ngambek atau tantrum. Jangan berusaha membujuk, tapi abaikan sampai reda dengan sendirinya.

Baca Juga:  Menko PMK: Keputusan Cuti Bersama Diumumkan Kamis

Orangtua juga perlu belajar untuk tidak merasa malu atau panik karena menjadi pusat perhatian akibat teriakan atau ulah anak yang sedang ngambek. Ingat orangtua melakukan ini demi anak.

– Cairkan suasana

Setelah anak mereda ngambeknya, coba katakan pada anak agar saat ingin mengungkapkan sesuatu bicarakan dengan tenang atau biasa saja.

Baca Juga:  Warga Purwakarta Yuk Seru-seruan Nonton Puluhan Band di Alun-alun Taman Pasanggrahan Padjajaran

“Kuncinya harus tenang, konsisten dan orang dewasa (orangtua, caregiver, guru, kakak-kakak) harus lebih cerdik mengelola emosi. Segemas apapun Anda jangan mengeluarkan kata atau sikap kasar pada anak saat anak tantrum dan jangan juga menuruti semua kemauannya jika tidak ingin perilaku tantrum anak akan semakin menjadi-jadi di kemudian hari,” kata Mellissa. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat