Sayuran Ini Sebaiknya Jangan Dimakan Mentah

JABARNEWS | KESEHATAN – Terntaya beberapa sayuran ini tidak baik dikonsumsi mentah. Karena banyak kandungan baik dari sayuran berikut setelah dimasak. Dikutip wartakota.tribunnews.com, berikut delapan sayuran yang sebaiknya jangan dimakan mentah

1. Tomat

Berdasarkan laman This Is Insider yang dilansir dari Tribun Travel, tomat yang dimasak akan meningkatkan jumlah likopen dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Tomat yang terpapar panas membantu penyerapan likopen menjadi lebih baik di dalam tubuh. Sebuah penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, tomat akan melepaskan lebih banyak likopen atau antioksidan yang dapat melawan kanker ketika dimasak.

2. Wortel

Wortel yang sudah dimasak mengandung antioksidan 34% lebih banyak ketimbang yang masih mentah. Selain itu, kandungan falkarinol atau komponen dengan bahan antikanker, akan lebih banyak. Menurut sebuah penelitian dari Berkeley Wellness, memasak wortel dapat membantu melepaskan karotenoid dan antioksidan untuk membantu fungsi kekebalan pada tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga:  OPD Akan Monitoring Pasar Rakyat, Jelang Nataru 2020-2021

3. Kentang

“Makan kentang mentah dapat menyebabkan efek gastrointestinal seperti kembung, sebab kentang mengandung pati yang sulit dicerna,” ujar Kepala Bagian Gizi di Terra’s Kitchen, Dr. Lisa Davis.

Selain itu, kentang mentah yang disimpan terlalu lama di tempat hangat atau lembap bisa berubah menjadi hijau dan mengembangkan racun yang disebut solanin. Sehingga jika pada beberapa bagian kulit kentang terdapat bintik hijau lebih baik dibuang karena sudah mengandung solanin.

4. Terong

Sayur berwarna ungu atau hijau kecil ini saat mentah justru sudah mengandung solanin. Khususnya terong muda, atau terong yang dipanen pada awal kehidupan tanaman mengandung sebagian besar racun. Makan terong mentah akan berisiko gastrointestinal atau pendarahan saluran cerna dari kandungan solanin tersebut. Selain itu, beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap terong mentah meski dalam jumlah kecil.

Baca Juga:  Soal Lahan Bonbin Bandung, Pemkot Telah Layangkan Surat Teguran Terakhir

5. Kecambah

Tidak sedikit orang yang sering mengonsumsi sayuran ini secara mentah. Ternyata kecambah alfalfa dan juga lobak mengandung bakteri berbahaya seperti E. Coli, Salmonella dan Listeria. Kondisi hangat dan lembap bisa membuat bakteri itu berkembang. Oleh karena itu, pastikan kecambah dicuci secara bersih dan dimasak dahulu.

6. Jamur

Jamur dapat dikonsumsi dengan aman setelah dimasak. Jamur mentah masih mengandung mikroba yang dapat menyebabkan masalah pencernaan dan keracunan makanan.

7. Kacang merah

Baca Juga:  Emil Kebut 100 Hari, Yakinkan 2019 Program Rindu 100% Terwujud

Kacang merah kaya akan kandungan bermanfaat, seperti protein, serat, dan antioksidan, tapi jangan coba-coba makan saat masih mentah bila tak ingin memiliki masalah pada perut.

“Kacang merah mentah mengandung racun phytohemagglutinin yang dapat menyebabkan perut tak nyaman, serta gejala gastrointestinal yang serupa dengan keracunan makanan,” kata Dr. Lisa Davis.

Pastikan merebus kacang merah paling minim selama 10 menit sebelum siap disantap.

8. Brokoli, Kembang Kol dan Kubis

Sayuran cruciferous (seperti brokoli, kembang kol, dan kubis) mentah dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Menurut Scientific American, memasak terlebih dahulu sayuran cruciferous seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, akan membantu melepaskan indole. Indole adalah senyawa organik yang dapat melawan sel-sel prakanker. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat