bjb
itcbet

Bersikap Positif Atas Persoalan Di Indonesia

JABARNEWS | OPINI - Akhir-akhir ini di negeri Indonesia mengalami dinamika masalah yang beruntun. Mulai dari kasus hoax yang penciptanya bangga, bencana gempa di Sulawesi dan Lombok, pesawat terbang jatuh, isu penculikan anak, ukuran tempe, bendera, demo guru honorer, koruptor yang terus bertambah, dan lainnya. Menariknya dinamika ini saling berganti dan seakan-akan telah ada skenario.

Sangat sulit untuk dicari sebab musababnya. Sangat tidak mudah untuk dicari kambing hitamnya. Namun, dari semua itu bisa dikatakan ada banyak kepentingan dan faktor yang terjadi. Biarlah mereka yang ahli melakukan analisis dan mencari solusinya.



Yang terpenting bagi kita, sebagai masyarakat adalah sadar dengan keadaan dinamika di Indonesia. Dalam hal ini masyarakat mesti bersiap dengan hal-hal yang tidak menyenangkan maupun situasi yang tak terduga. Kesiapan diri menghadapi situasi yang tidak terduga ini perlu disadari bahwa perubahan di Indonesia akan selalu terjadi setiap saat. Perubahan merupakan keniscayaan sejarah, sehingga dari waktu ke waktu dapat melihat dan menarik hikmah. Karena hanya ini yang bisa diperbuat oleh masyarakat sambil terus melakukan proses untuk memperbaiki keadaan dan situasi.

Perubahan di masyarakat bisa dilakukan dengan kebijakan pemerintah dengan cara memaksa melalui peraturan yang mengikat dan sanksi atas pelanggarnya. Namun, tingkat keberhasilannya ditentukan diantaranya oleh para penegak hukum di tengah masyarakat, bagaimana keadilan bisa ditegakan.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi