bjb

Ini Dia Tips Bikin Dapur Tingkatkan Mood Memasak

JABARNEWS | TIPS - Melihat dapur kotor dan berantakkan pasti bikin kesel, jengkel kan! Lain lagi kalau dapur bersih dan rapi, bikin adem deh lama-lama masak di dapur. Dan otomatis mood atau semangat memasak pun meningkatkan, benar kan?

Dikutip nova.grid.id, selain bikin mood masa meningkat, penataan peralatan dan bumbu-bumbu pun jadi lebih mudah kita temukan saat dibutuhkan.

Nah agar dapur kita selalu rapi, cekedot simak tips-tips berikut ini agar.

1. Menjaga kebersihan dapur

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dapur.

Meski dapur sudah tertata rapi, akan percuma jika kebersihannya tidak dijaga. Pastikan selalu membersihkan dapur dari sampah dan noda setiap sehabis memasak. Jangan biasakan menunda-nunda ritual ini, karena akan lebih sulit membersihkan kotoran dan noda yang telah menempel selama berhari-hari. Biasakan juga untuk menjaga keharuman dan kelembapan udara dapur agar selalu nyaman ketika memasak.

2. Manfaatkan ruang di dinding dapur

Jika memiliki ruang dapur yang tidak begitu luas ataupun memiliki banyak peralatan memasak, dinding-dinding yang ada di dapur dapat dimanfaatkan dengan menggunakan wall organizer. Baik bumbu-bumbu, maupun peralatan yang tidak terlalu besar dapat diatur secara rapi disana. Memasak jadi lebih praktis dan efisien karena kebutuhan untuk memasak lebih mudah untuk dijangkau, dan rapi tentunya.

3. Kelompokkan peralatan dapur sesuai jenisnya

Agar dapur tertata rapi, kelompokkan peralatan makan dan memasak sesuai dengan jenisnya masing-masing.
Misalnya menyimpan peralatan makan seperti piring, gelas, dan sendok di posisi yang berdekatan. Sama halnya dengan panci, wajan, pisau, dan berbagai peralatan memasak lainnya. Letakkan di dekat kompor agar memudahkan proses memasak sehari-hari. Peralatan yang dikelompokkan secara rapi akan memudahkan kita untuk mencarinya.

4. Gunakan tempat penyimpanan bertingkat

Terbatasnya ruang dapur juga dapat diantisipasi dengan menggunakan tempat penyimpanan bertingkat, seperti wire rack misalnya. Tempat penyimpanan bertingkat memungkinkan untuk menyimpan berbagai peralatan dapur dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain kapasitasnya yang relatif besar, tempat penyimpanan bertingkat ini pada umumnya dapat menjadi penyimpanan peralatan dapur yang relatif berat. Menggunakan penyimpanan bertingkat akan membuat ruang di dapur menjadi lebih rapi dan lega. Wujudkan dapur rapi nan bersih dengan mengikuti tips-tips di atas agar menumbuhkan mood baik dan semangat dalam memasak. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi