Kinerja Humas DPRD Dituntut Lebih Profesional

JABARNEWS | BANDUNG - Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Kerja Kehumasan Sekretariat DPRD Se-Jawa Barat. Acara bertajuk Optimalisasi Tugas Dan Fungsi Kehumasan Sekretariat DPRD tersebut untuk mengakomodasi kebutuhan dasar yang harus dilakukan setiap Sekretariat DPRD.
Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat, Drs Daud Achmad mengatakan, di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini menjadikan kinerja humas dituntut untuk lebih profesional. Di samping itu, tupoksi kehumasan pun menjadi lebih meluas yang harus menggambarkan lembaga atau instansi pemerintahan.
"Kuncinya bahwa peran kehumasan itu adalah mencitrakan kegiatan untuk diketahui masyarakat luas," jelas Daud, dalam rilis yang diterima Rabu (21/11/2018).
Ia mengungkapkan, pada dasarnya kehumasan di lingkungan Sekretariat DPRD berperan untuk memfasilitasi kegiatan dewan. Karena itu, diperlukan kinerja yang sangat optimal.
Sementara itu Bagian Protokol Kabupaten Garut, Agus Saefudin merasakan manfaat dari Rakor Kehumasan yang di selenggarakan Humas Dan Protokol DPRD Provinsi Jawa Barat.
Menurut Agus, salah satu manfaatnya Sekretariat DPRD Sekabupaten Kota Jawa Barat terjalin informasi baik dari kota maupun kabupaten yang bisa membangun untuk dijadikan salah satu kepentingan sekretariat yang ada di Jabar. Sangat mendukung hasil materi dapat diterapkan di Kabupaten Garut agar bisa berkembang dan diterima dengan baik.
"Materinya sangat baik dan memang menjadi kebutuhan utama untuk bagian kehumasan di lingkungan pemerintah," ujar Agus.
Ke depannya, Agus menambahkan, kegiatan tersebut dapat ditindaklanjuti dan silaturahmi antarsekretariat DPRD se-kabupaten kota Jawa Barat ini untuk sering dilakukan seiring dengan derasnya arus informasi baik dari luar. Dengan begitu, konteks pelayanan terhadap lembaga legislatif dapat dioptimalkan.
"Kegiatan ini justru harus dilaksanakan berkesinambungan, agar terjalin informasi yang baik," tandasnya.
Sementara itu, jalannya rapat kerja kehumasan berlangsung dengan khidmat, masing-masing peserta dari sekretariat DPRD kabupaten kota se-Jawa Barat mengikuti setiap materi yang disuguhkan panitia penyelenggara.
Materi pertama yang dibahas mengenai Optimalisasi Media Untuk Sosialisasi Kegiatan Dewan Dan Trik Dalam Menghadapi Berita Hoax dengan narasumber Praktisi Komunikasi DR Harliantara, Drs M.Si. Di hari kedua, ada dua materi yang fokus pada pembahasan Pengelolaan Kegiatan Humas dan Perencanaan Anggaran Kehumasan. (Wan)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait