Besok Akan Terjadi Gerhana Bulan Parsial

JABAR NEWS | BANDUNG – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan akan terjadi Gerhana Bulan Parsial pada tanggal 08 Agustus 2017 di seluruh wilayah Indonesia.

“08 Agustus dini hari akan terjadi Gerhana Bulan Parsial bukan gerhana bulan total,” katanya kepada wartawan di Bandung, Minggu (06/08/2017)

Baca Juga:  Tok.. Pemerintah Tolak Sahkan Pengurus Demokrat Kubu Moeldoko

Kepala Pusat Saint Antariksa LAPAN, Clara Yatini menjelaskan, kronologis terjadinya fenomena itu meliputi Fase Awal Penumbral pada 7 Agustus pukul 22:50:02 WIB. Fase Awal Umbra pukul 00:22:55 WIB pada 8 Agustus, Fase Puncak yaitu mengalami kegelapan (01:20:27 WIB). Fase Akhir Umbra (02:18:10 WIB) dan Fase Akhir Penumbral (03:50:56 WIB).

Baca Juga:  Ini Dia Tiga Tanda Pasangan Melirik Wanita Lain, Salah Satunya Panik Saat Dipinjam Ponsel

Gerhana bulan ini akan berdampak pada naiknya air laut. Pasalnya, posisi antara bumi, bulan dan matahari dalam satu garis yang sama. Pasang air laut merupakan fenomena alam yang normal. 

“Biasanya air laut akan pasang karena posisi bulan, bumi dan matahari dalam keadaan segaris. Nah itu akan mengakibatkan pasang air laut yang besar,” ujarnya 

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Sagitarius Hari Ini

Clara menilai fenomena alam tersebut terbilang normal karena setiap terjadi bulan purnama akan terjadi gerhana bulan. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat