bjb
itcbet

Selamat dan Terima Kasih Wahai Guru

JABARNEWS | ARTIKEL - Selamat hari Guru untuk para guru, pengajar, dan orang-orang yang pernah mengajarkan ilmu atau yang menjadikan kita mengetahui dari yang asalnya tidak tahu menjadi tahu. Ilmu yang kalian berikan tidak luntur dan masih bersemayam dalam memori.

Sejak sekolah dasar sampai pendidikan doktor, banyak guru (dosen) yang berperan membimbing saya. Berbagai ilmu yang didapatkan itu semata-mata untuk menjadi petunjuk, pedoman, dan mengarahkan diri kita agar bergerak menyusuri jalan kehidupan. Seperti lentera yang bercahaya di tengah malam, yang dibawa saat kita berjalan. Seperti bulan di malam hari menerangi bumi, sehingga saat berjalan tidak gelap dan dapat menikmati suasana malam. Ini sebuah anugerah dari Allah Ta’ala yang mesti kita syukuri.



Hari ini dalam kalender tercantum sebagai hari guru. Saya coba merenung tentang sosok guru. Di negeri ini ada beberapa peristiwa yang tidak mengenakan. Kasus pemukulan pada guru, bahkan ada yang sampai wafat, dipenjarakan oleh orangtua siswa, karier guru yang terhambat karena usia yang dibatasi, dan lainnya. Saya memahaminya sebuah dinamika. Tentu ini bagian dari proses kehidupan sehingga menjadi pelajaran yang berharga untuk diambil hikmahnya.

Tentang guru, saya membaca hadis-hadis Nabi Muhammad saw yang menyebutkan betapa pentingnya posisi guru di tengah umat Islam. Misalnya riwayat dari Abdullah bin Amru, ia menceritakan bahwa suatu hari Rasulullah Saw masuk ke masjid. Di dalam masjid ada dua kelompok sahabat sedang berkumpul-kumpul.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi