bjb

Potensi Melimpah, Kok Majalengka Tak Punya Ikon?

JABARNEWS | MAJALENGKA - Majalengka belum punya ikon atau ciri khas tertentu. Padahal, adanya ikon ini sangat berpengaruh untuk memunculkan sekaligus mendatangkan lebih banyak turis asing berkunjung ke kota angin.

Saat ini, dari sisi objek wisata alam, sudah diakui oleh netizen bahwa Majalengka sudah identik dengan wisata Panyaweuyan di Argapura.

Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Majalengka, Dedi Supriyadi, mengatakan, seni budaya lokal Majalengka belum punya ikon khusus. Oleh karenanya, pihaknya sengaja mengumpulkan para pegiat seni budaya Majalengka, untuk merumuskan pokok-pokok pikiran kebudayaan daerah. Selanjutnya diharapkan bisa memunculkan ikon yang dimaksud.

"Majalengka belum punya ikon khusus tentang seni budaya yang menonjol. Tidak seperti di Ponorogo yang khas ikonnya dengan Reog Ponorogo. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, ke depan bisa memunculkan ikon khusus. Dengan kata lain, kita masih merumuskannya," ujarnya saat membuka acara di aula Disparbud Majalengka, Senin (26/11/2018).

Seniman Majalengka, Endang Azzam, mengatakan, Majalengka memang belum punya ikon. Namun, hal itu sedang dirumuskan.

Menurutnya, ada satu seni di Majalengka yakni tari Kedempling yang sudah mendapatkan rekor Muri.

"Namun itu belum termasuk ikon, makanya kami mendorong supaya ikon Majalengka, dalam hal seni budaya segera dimunculkan. Sementara untuk wisata, Majalengka sudah terkenal dengan ikon wisata Panyaweuyan-nya. Karena tidak ada di wilayah manapun, satu-satunya Panyaweuyan ya di Majalengka," ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

 
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi