Targetkan Bebas TB, Kemenkes Latih Ratusan Kader

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Mengejar target Indonesia bebas dari Tuberkulosis (TB), Kemenkes melalui Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Tasikmalaya menggelar pelatihan kader.

Pelatihan bertema “Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis LKNU-GLOBAL FUND”, juga didampingi Dinkes, berlangsung di Wisma Dewi, Kecamatan, Kabupaten Tasikmalaya. Senin (26/11/2018).

“Pelatihan ini kami gelar sesuai dengan arahan Kemenkes untuk mencegah penyakit TB dan HIV AIDS, makanya kami sengaja mengumpulkan ratusan kader dari berbagai daerah di Kabupaten Tasikmalaya.” ujar Koordinator kota/kabupaten Tasikmalaya Doni.

Baca Juga:  Gara-Gara ODGJ, Dedi Mulyadi Mengontak Bupati Bandung dan Indramayu

Selain memberikan Edukasi, setiap kader juga diberi tugas untuk menemukan kasus TB dilingkungan sekitarnya.

“Mengunakan metode investigasi kontak serumah, minimal 4 rumah atau sekitar 20 orang lebih yang di investigasi dalam upaya penemuan kasus baru TB untuk di bantu pendampingan pengobatannya.” jelasnya.

Baca Juga:  Tiga Manfaat Daun Gandarusa Bagi Kesehatan, Diantaranya Atasi Sakit Mata

Sementara itu Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Tasikmalaya Atang Sumarna berharap pelatihan ini mampu memberikan edukasi.

“Kader – kader ini selain bisa melakukan investigasi dalam penemuan kasus baru, juga diharap mampu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penyakit TB, HIV AIDS serta Penyakit lainnya untuk tanggulangi, serta pengobatannya.” ucap Atang.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Kembali Mangkir dari Panggilan Sidang Korupsi Hibah APBD Tasikmalaya

Masih kata Atang, kader juga wajib meyakinkan pasien yang terdeteksi agar mau diperiksa. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat