aqua

Pinhole Bandung, Komunitas Fotografi Kreatif

JABARNEWS | BANDUNG - Limbah tak selamanya tak bermanfaat. Di dunia fotografi, barang bekas atau limbah masih bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan sebuah karya. Nah, itu pula yang dilakukan Komunitas Lubang Jarum Indonesia (Pinhole Bandung).

Komunitas ini memberikan pilihan kepada para pecinta fotografi untuk membuat kamera sendiri. Kamera yang terbuat dari bahan-bahan limbah ini seakan-akan membuat mimpi menjadi nyata.



Tanpa harus mengeluarkan biaya besar, para fotografer pemula sudah bisa menghasilkan sebuah seni fotografi. Nama 'Lubang Jarum' atau 'Pinhole' ini diambil dari alat yang mereka gunakan untuk melubangi kemasan yang diubah menjadi sebuah kamera unik.

Penggagas Komunitas Pinhole Bandung, Deni Sugandi mengatakan, cara ini merupakan suatu bentuk alternatif dari fotografi, sebab sebenarnya sebelum adanya digital fotografi, teknik ini sudah ada terlebih dahulu.

Namun teknik ini kemudian terlupakan, namun sebenarnya ada banyak yang bisa diperoleh dari kamera lubang jarum ini, belajar untuk kreatif dan sabar saat melalui proses merakit kamera dan memotret.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi