bjb

Kembangkan Potensi Desa Lewat BID

JABARNEWS | SUBANG - Pemerintah Kabupaten Subang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Subang Tahun 2018 di Gedung Pramuka Subang, Rabu (27/11/2018). 

Kegiatan dengan mengusung tema “Datang, Komit, Tiru, Maju" itu dibuka sera resmi oleh Plt Bupati Subang Ating Rusnatim didampingi Kepala DPMD Memet Hikmat.

"Perlu kita ketahui bahwa bursa inovasi desa merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa pada lingkup kabupaten khususnya Kabupaten Subang," kata Ating Rusnatim dalam sambutannya dihadapan ratusan peserta Tim Inovasi Desa.

Dia mengungkapkan, bursa inovasi desa yang dilaksanakan ini bukan ajang pameran dalam bentuk barang. Namun yang dipamerkan adalah ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

Ating berharap, potensi yang ada di setiap desa tersampaikan dengan mekanisme yang benar.

"Semua data yang dimiliki oleh desa harus tersampaikan. Kerjasama ini terus di teruskan sesuai komitmen sinergitas dengan sesuai steakholder," harapnya.

Dengan kegiatan ini harus dimaknai sesuai dengan tema, untuk memajukan di masing-masing desa di Subang.

"Melalui kegiatan ini berharap bisa di manfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan pengetahuan memacu ilmu yang kita dapat. Salah satunya Pemda Kabupaten Subang telah memberikan ruang desa penuh inovasi untuk selalu mendukungan dan memfasilitasi," ungkapnya

Kordinator TA.P3MD Kabupaten Subang, Masiah, menambahkan bahwa tujuan program inovasi desa tak lain untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif, serta peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.

"Melalui program inovasi desa diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ucapnya.

Ia menuturkan, bursa inovasi desa ini dikemas dalam bentuk seminar dengan materi Sinergitas Kebijakan Perencanaan Pembangunan Desa Dalam Pelaksanaan Program Inovasi Desa, Teknologi Informatika dalam mendukung program inovasi desa, serta Program Inovasi Ekonomi Kreatif.

"Selain itu dilakukan juga penandatanganan komitmen dari Pemdes untuk mendukung dan menginventarisasi inovasi desa yang dilakukan oleh seluruh kepala desa di wilayah Kabupaten Subang," katanya

Kegiatan ini di hadiri juga oleh Menteri Desa PDTT/yang memakili, Kepala OPD Kabupaten Subang / yang mewakili, seluruh peserta bursa inovasi (TPID) dan Para Pendamping Desa Kabupaten Subang, Anggota BPD Kabupaten Subang. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi