Ibu, Jangan Lupa Jaga Kesehatanmu Juga Ya

JABARNEWS | KESEHATAN – Seorang ibu rumah tangga pastilah yang mengatur segala hal, dari mulai bangun tidur sampai menjelang tidur seorang ibu lah yang menyiapkan.

Ibu akan sangat memperhatikan kesehatan keluarganya. Baginya kesehatan keluarga sangat penting.

Jangan heran jika kebanyakan ibu sering menunda untuk mengurus diri sendiri dan lupa akan kesehatan tubuhnya sendiri. Padahal kesehatan adalah salah satu kunci utama dalam menjalani kehidupan.

Dikutip laman Krdo, Indosport ada beberapa kiat sederhana bagi ibu yang sibuk agar tetap sehat dan tetap menjalankan tugas rumah tangga dengan bahagia.

1. Tidur yang Cukup dan Teratur

Kurang tidur sering terjadi di kalangan ibu karena berbagai alasan. Namun ada baiknya Anda juga menjadikan diri sendiri sebagai prioritas untuk mendapatkan istirahat berkualitas selama 7 atau 8 jam setiap malam.

Baca Juga:  Damkar Merasa Terbantu Adanya Latihan Gulben Karhutla di Purwakarta

Menjaga kamar tidur tetap tenang, sejuk, remang, dan bebas dari gangguan seperti ponsel dan televisi dapat membantu bersantai dan tidur untuk memulihkan energi anda kembali.

2. Rutin Cek Kesehatan

Menjadi seorang ibu biasanya lebih memprioritaskan anak ketimbang dirinya sendiri, termasuk soal kesehatan di mana sang anak lebih proaktif menjalani cek kesehatan.

Akan tetapi Anda juga perlu memperdulikan diri sendiri dan turut melakukan cek kesehatan secara rutin untuk menghindari masalah kesehatan yang bisa membahayakan.

Selama kunjungan kesehatan, dokter akan menggunakan indikator kesehatan seperti berat badan, tekanan darah dan detak jantung untuk menyaring kondisi umum seperti diabetes serta penyakit jantung.

Baca Juga:  63.000 Warga Kabupaten Bandung Belum Terekam Data e-KTP

Dokter kemudian dapat merekomendasikan perawatan untuk membantu Anda tetap sehat agar bisa menjalani hari tanpa hambatan dan mengurus keluarga dengan baik.

3. Sediakan Obat-obatan Sesuai Kebutuhan

Jika Anda telah melakukan cek kesehatan, maka biasa dokter akan menyarankan dan memberikan resep obat-obatan sesuai kebutuhan tubuh.

Namun apabila Anda tidak memiliki asuransi kesehatan maka Anda bisa mengatasinya dengan membeli obat generik yang tersedia di apotek dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi ada baiknya dikonsultasikan dengan apoteker yang profesional.

Baca Juga:  Jasa Marga Catat Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Naik 16,72 Persen

4. Pola Makan yang Sehat dan Teratur

Mengonsumsi makanan yang baik dan sehat dapat membantu organ tubuh bekerja untuk menyaring ‘sampah’ dari dalam tubuh yang jika tak dikeluarkan bisa menjadi racun.

Anda harus terus mengkonsumsi dengan berbagai makan bergizi seperti empat sehat dan lima sempurna agar tubuh kita bisa bekerja secara optimal.

Anda juga perlu menyediakan snack sehat sebagai camilan pendamping agar tubuh tak kekurangan baik seperti protein, karbohidrat, berbagai macam vitamin dan lain-lain.

Jika sehat, maka Anda bisa merawat dan membimbing keluarga dengan tenang, karena menjadi seorang ibu membutuhkan kesiapan fisik dan mental yang besar. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat