Fokus Bahagia-in Kamu, Jokotri Rela Dorong Gerobak Sambil Hujan-Hujanan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sore itu hujan cukup lebat mengguyur Purwakarta, tapi tak menghentikan langkah Jokotri yang tengah mendorong gerobak bakso untuk diserahkan kepada penerima bantuan.

Seorang ibu rumah tangga, Ida (24) warga Cimaung, Kelurahan Cisereuh, tampak sumringah sekaligus terkejut saat mendapati pria yang bernama lengkap Dr. H. Joko Trio Suroso, Drs, SH, MH, MM, MBA, itu basah kuyup usai mendorong gerobak hingga ke depan pintu rumahnya.

Ida barangkali merupakan satu dari sakian banyak ibu rumah tangga yang berkeinginan kuat untuk menjalankan sebuah usaha. Namun minimnya akses permodalan dan kurangnya keterampilan selalu menjadi kendala yang memaksanya untuk mengubur keinginan tersebut dalam-dalam.

Padahal ibu satu anak yang masih tinggal di rumah kontrakan bersama mertuanya ini sudah sejak lama ingin sekali membantu suaminya yang berprofesi sebagai buruh di satu perusahaan. Tentu hal ini bertujuan guna membantu keluarga keluar dari himpitan ekonomi. Dan Jokotri pun hadir membawakan solusi nyata.

Baca Juga:  Kasus Suap RTH Kota Bandung, KPK Panggil 14 Saksi

Atas pertimbangan bahwa Ida berkeinginan kuat menjadi wirausahawan baru. Jokotri membantunya untuk menjalankan usaha bakso. Hal ini sejalan dengan visi Jokotri dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Dr. H. Joko Trio Suroso memberikan bantuan gerobak bakso dalam rangka memberdayakan UMKM. [foto: jar/jabarnews]”Alhamdulilah sore ini, walaupun harus hujan-hujanan, saya dapat kembali memberikan bantuan gerobak bakso untuk warga Purwakarta yakni Ibu Ida warga Cimaung. Mudah-mudahan ikhtiar memberdayakan UMKM ini dapat berjalan dengan baik, dan menjadi solusi nyata dalam meningkatkan taraf perekonomian masyarakat,” ujar Jokotri, Calon Anggota DPRD Jawa Barat dari PDI Perjuangan nomor urut 2 dengan tagline ‘fokus bahagia-in kamu’.

Pejalanan Jokotri dan tim dalam menyalurkan bantuan gerobak bakso ternyata cukup menantang. Gerobak dan peralatan dibawa dari Kota Bandung menuju Purwakarta. Sesampainya di Purwakarta hujan deras menyambut. Belum lagi mobil pengangkut gerobak sempat mogok lantaran mengalami sedikit kendala mesin. Meski demikian, tantangan itu semua tidaklah menyurutkan langkah Jokotri. Akhirnya gerobakpun sampai ditujuan, Jokotri sendiri yang mendorongnya hingga ke pintu rumah.

Baca Juga:  Seru, DAM Ajak Media Bedah Motor PCX Hybrid

“Nggak apa-apa saya sore ini kehujanan, bukan masalah. Yang penting gerobaknya sudah sampai di tujuan. Saya berpesan kepada Ibu Ida, untuk gigih dalam menjalankan usahanya. Saya mendoakan mudah-mudahan sukses, yang pada akhirnya dapat membantu mereka yang masih kurang beruntung di lingkungan kita,” ujar peraih gelar doktor hukum dari Universitas Padjadjaran ini.

Melalui bantuan usaha bakso yang diberikan Jokotri, penerima bantuan tinggal berjualan saja. Gerobak bersama seperangkat peralatan hingga pelatihan menyajikan bakso, diberikan secara gratis. Baksonya pun bukan sembarang bakso, melainkan Bakso H Darmo, merek bakso yang sudah cukup terkenal di Kota Bandung.

Dr. H. Joko Trio Suroso memberikan bantuan gerobak bakso dalam rangka memberdayakan UMKM. [foto: jar/jabarnews]Ida mengatakan dirinya terkejut saat melihat Jokotri mendorong gerobak di tengah hujan menuju ke rumahnya. Dirinya sangat terharu dan bersyukur atas bantuan yang diterimanya dari Jokotri. Dengan begitu dirinya berterima kasih, dan berjanji akan menjalankan usaha ini dengan segigih mungkin.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Sagittarius, Scorpio dan Capricon

“Terima kasih pak Jokotri atas bantuannya saya bisa menjalankan usaha bakso dan membantu perekonomian keluarga. Mudah-mudahan kebaikan pak Jokotri penuh berkah dan terlukis indah di sisi Allah. Dan semoga semua yang dicita-citakan untuk kemajuan masyarakat dapat tercapai,” ujar Ida.

Langkah Jokotri meningkatkan taraf perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM merupakan arus positif di tengah sentimen negatif masyarakat terhadap calon legislatif yang dinilai “hanya janji-janji semata”.

Melalui langkahnya yang mencetak para wirausahawan baru, Jokotri telah membuktikan bahwa calon legislatif juga dapat berkontribusi nyata bagi masyarakat, tidak sekadar janji-janji belaka, meskipun belum duduk sebagai anggota dewan.

Dalam hal ini, upaya Jokotri tersebut sepatutnya menjadi contoh bagi calon legislatif yang lain untuk berlomba-lomba menebarkan kebaikan dan turut serta dalam menyelesaikan berbagai problem di masyarakat. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa Barat