bjb

Emil: Berhenti Kredit Ke Rentenir, Ke Masjid Aja

JABARNEWS | MAJALENGKA - Ada pesan penting yang disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat menyapa kaum emak-emak di Ponpes Al-Mizan, Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Sabtu (8/12/2018). Orang nomor satu di Jawa Barat itu melarang ibu rumah tangga (IRT) meminjam duit ke rentenir.
Emil - sapaan akrabnya- menyarankan bagi IRT yang membutuhkan uang agar meminjamknya ke masjid di sekitar rumahnya.
"Di sini masih ada gak ibu-ibu yang masih meminjam duit ke bank keliling? Jika masih ada, cukup sampai di sini. Sekarang kalau ibu-ibu butuh uang, silakan datang ke masjid. Syaratnya minta rekomendasi dari DKM setempat," ujarnya, Sabtu (8/12/2018).
Emil menambahkan, ‎pihaknya meyakini besarnya umat Islam adalah ketika bisa memakmurkan dan meramaikan masjid. Banyak orang luar negeri stres karena tak punya tempat curhat. Sementara di Indonesia banyak masjid dan di masjid ada banyak kiai dan ulama yang siap memberikan arahan.
"Saya pernah hidup di negara lain, ketika bingung dan stres itu, tak punya tempat yang harus saya datangi. Tapi di Indonesia, banyak masjid, dan kita bisa curhat sekaligus bertanya dan bertanya kepada ulama," kata dia.
Untuk program pinjam uang ke masjid, kata dia, saat ini sudah diujicoba di Bogor. Untuk di Majalengka, Emil meminta dibuatkan MoU tentang hal tersebut dengan DKM-DKM masjid yang ada. Syaratnya mudah, jika ada warga yang mau pinjam uang, syaratnya mudah yakni harus rajin ke masjid, harus bisa baca Alquran dulu.
Sementara itu, sejumlah ibu rumah tangga yang hadir menyambut baik rencana gubernur Jawa Barat itu. Mereka siap untuk rajin ke Masjid, supaya dapat dua pahala yakni pahala akhirat dan pahala modal. "Ini program bagus, sehingga bisa memotivasi saya untuk datang ke masjid," kata salah seorang warga. (Rik)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
 
Tags :
properti

berita terkait