Digempur Fiber, Pengusaha Genteng Jatiwangi Majalengka Kebanjiran Order

JABARNEWS | MAJALENGKA – Meski digempur oleh bahan plastik fiber, usaha genteng dari tanah liat, justru malah kebanjiran order dari luar daerah, pada akhir tahun 2018 ini.

Kondisi begitu diakui oleh salah satu pengusaha genteng di wilayah Jatiwangi, Majalengka, Yanto. Dia mengatakan, pada awal booming genteng dari bahan plastik memang diakui sempat melemahkan usahanya. Akan tetapi, genteng dari bahan tanah liat tetap unggul dari sisi kualitas.

Baca Juga:  Truk Terguling Nyaris Masuk Sungai Cipancar

“Fiber dari bahan plastik punya banyak kelemahan, yakni jika musim panas, yang di dalam rumah terasa semakin panas, karena tak punya ketebalan yang cukup. Sementara kalau dari bahan tanah liat, genteng mampu meredam ‎cuaca panas. Dan kalau hujan, suara air hujannya tidak terlalu berisik,” ungkapnya, Minggu (9/12/2018).

Baca Juga:  Kisruh Keraton Kasepuhan Berujung Bentrok Antar Dua Pendukung Sultan

Dituturkannya, saat ini pesanan dari berbagai wilayah cukup banyak. Oleh karenanya, meski telah memasuki musim hujan, produksinya ditingkatkan.

“Justru kita kewalahan, karena pesanan banyak, sementara persedian genteng siap kirim kurang. Makanya kita terus menggenjot produksi genteng,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pengusaha Klan Cendana Itu Meninggal Dunia

Salah seorang pekerja, Iin, mengatakan, dibandingkan antara bekerja pada cuaca panas dengan kondisi hujan, lebih enjoy ketika musim hujan.

“Sementara kalau musim kemarau, apalagi terlalu panas, maka genteng biasanya mudah pecah dan gagal,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat