bjb

Meriah, Festival Seni Sisingaan 2018

JABARNEWS | SUBANG - Festival Seni Sisingaan 2018 berlangsung meriah. Festival kesenian tradisional tersebut digelar di Lapang sepakbola Pormas di Sukamelang, Subang, Minggu (7/12/2018)
Sedikitnya 10 rombongan kesenian Sisingaan dari berbagai wilayah ikut ambil bagian dalam festival yang mendapatkan apresiasi luar biasa dari masyarakat Kabupaten Subang itu.
Mereka datang dari berbagai pelosok memadati lapangan sepak bola yang berada tidak jauh dari jantung kota itu.
Plt. Bupati Subang, Ating Rusnatim pun sangat mendukung kegiatan tersebut. Apalagi, kata Ating, sisingaan merupakan seni tradisional khas Kabupaten Subang.
"Festival ini adalah salah satu bukti pelestarian, apa lagi festival gotong sisingaan ini sangat meriah dan perlu dipertahankan. Jangan sampai orang Subang malah mengundang seni dari daerah lain bila hajatan. Ini festival rakyat, murah tapi meriah, "kata Plt Bupati Subang, H. Ating Rusnatim, Minggu (9/12/2018)
Setiap rombongan tampil di hadapan para dewan juri yang berasal budayawan dan seniman serta akademisi dengan dipandu Pemerhati dan Pratisi Seni Budaya, ISBI Bandung, Nanu Munajar.
Dalam Festival Sisingaan 2018 ini rombongan yang terlibat di antaranya grup Bonang, Budaya Mekar, Wargi Mekar, Tresna Wangi, Putra Saluyu yang tergabung dalam Grup Singa Kaler. Kemudian Mekar Budaya, Setia Wargi 8, Sinar Wangi Pajajaran, Putra Jaya, Mekar Jaya tergabung dalam Grup Singa Kidul.
"Selain grup sisingaan, ada 2 grup Seni Badingkut dan Pumala ikut ambil bagian. Kesenian ini merupakan atraksi wisata budaya kemprung tarung sisingaan," ujar Ugit
Hadir dalam kesempatan itu Budayawan Nasional yang juga Ketua Masyarakat Sadar Pariwisata Pusat, KH Maman Imanulhaq dan sempat memberikan tausiah budaya pariwisata. (Mar)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
 
Tags :
properti

berita terkait