bjb

Soal Jabar Saber Hoaks, Ini Sikap Mafindo

JABARNEWS | BANDUNG - Organisasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menyambut baik program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Saber Hoaks atau biasa disingkat Jabar Saber Hoaks.
Adanya Jabar Saber Hoaks ini secara otomatis jika terdapat berita bohong khususnya dari Jawa Barat, dapat langsung ditangkal sedini mungkin sebelum menyebar sempat menyebar luas di masyarakat.
"Saya lihat sangat luar biasa bagus karena diinisiasi oleh pemerintah daerah yang melakukan upaya proaktif. Program itu untuk membangun suatu jejaring di antara masyarakat stake holder untuk bersama-sama meredam penyebaran isu isu yang meresahkan masyarakat," kata Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko Nugroho, kepada wartawan Jabarnews.com. Minggu (9/12/2018).
Menurutnya, saat ini hoaks dalam beberapa kasus sudah mengarah kepada ketidakrukunan, pertengkaran, bahkan di beberapa tempat telah menimbulkan konflik sosial.
"Upaya ini memang sangat ditunggu. Upaya aktif dari pemerintah bisa menjadi salah satu agen membersihkan atau menjernihkan informasi. Kita berharap tidak banyak masyarakat yang kemudian saling bertengkar gara-gara isu tidak penting, menghabiskan waktu untuk hal-hal yang seharusnya diisi oleh hal lain yang lebih produktif," ujarnya.
Sebagai komunitas independen Mafindo akan berkolaborasi untuk melakukan cek fakta.
"Cek fakta bersama dan jejaring ini saya yakin kedepan akan menjadi salah satu motor untuk pergerakan literasi digital juga di Provinsi Jawa Barat," pungkasnya. (Mil)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait